Berita Nasional Terpercaya

Inilah Inovasi Dukcapil Jogja yang Diberi Penghargaan Pemerintah Pusat

0

YOGYA, BERNAS.ID – Mendapat predikat sangat baik di bidang pelayanan pada tahun 2019 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta, menghantarkan Pemerintah Kota Yogyakarta menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dalam bidang pelayanan publik terbaik kategori kota, beberapa waktu lalu.

Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo saat menyerahkan penghargaan itu menyampaikan, penghargaan ini sebagai upaya percepatan kualitas pelayanan publik di Indonesia yang dianggap sangat baik, setelah memperoleh rekomendasi positif dari masyarakat pengguna unit pelayanan publik tersebut, dan Kota Yogyakarta dinilai telah memberikan pelayanan publik terbaik se-Indonesia.

Ada enam aspek yang dievaluasi dari Pemkot Yogyakarta, meliputi Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Sistem Konsultasi dan Pengaduan, dan Inovasi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jogja Sisruwadi menjelaskan, selama ini pihaknya telah melakukan banyak pembenahan, mulai dari kesiapan sarana prasarana pelayanan sesuai standar pelayanan publik yang baik, dengan mewujudkan ruang layanan yang ramah difabel, ibu dan anak.

Selain itu Dinas Dukcapil Kota Jogja menurutnya juga menampilkan inovasi pelayanan guna memudahkan masyarakat membuat dokumen adminduk.

“Saat ini pelayan Dukcapil menjadi lebih mudah karena masyarakat bisa mengakses pelayanan dari rumah dengan android untuk membuat akta kelahiran, akta kematian dan KIA melalui menu JSS (Jogja Smart Service) atau pada Adminduk online,” paparnya, Kamis (7/11/2019).

Ia meneruskan, telah ada inovasi bagi yang melahirkan di RS dan puskesmas yang bekerjasama dengan Dindukcapil, yakni layanan 3 in 1 langsung di rumah sakit. Itu adalah pembuatan langsung dokumen akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA)

“Ada pula Dermatib GISA (Kader masyarakat tertib Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) yang berada di tiap kampung yang siap membantu masyarkat menuju tertib adminduk,” sambungnya.

Sisruwadi menambahkan, banyak program lain yang dilakukan seperti “jemput bola” pelayanan dari rumah ke rumah. Ini khusus bagi masyarakat yang mengalami keterbatasan fisik seperti lansia, difabel dan gangguan jiwa. 

“Saat ini Dindukcapil juga mulai uji coba membuka layanan di Malioboro Mall dan Lippo Mall pada jadwal yang ditentukan.” (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.