RS Jogja Hadirkan Pelayanan Terbaik, Antarkan Pemkot Yogyakarta Terima Penghargaan
YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Rumah Sakit Jogja menjadi salahsatu unit pelayanan yang memperoleh predikat sangat baik di tahun 2019, bersama dua unit pelayanan lainnya di Pemerintah Kota Yogyakarta.
Sehingga mengantarkan Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai penerima penghargaan dalam bidang pelayanan publik terbaik kategori kota dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) belum lama ini.
Direktur Rumah Sakit Jogja, dr Ariyudi Yunita MMR, menerangkan ada enam aspek yang dievaluasi dari Pemkot Yogyakarta, meliputi kebijakan pelayanan standar pelayanan publik meliputi 5 kategori, pelayanan IGD 24 Jam, pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap, pelayanan penunjang mendis, dan pelayanan penunjang non medis.
Untuk aspek Profesionalisme SDM, diakui Ariyudi pihaknya selalu meningkatkan profesinalisme SDMnya setiap tahun dengan melakukan pelatihan-pelatihan. “Ada pelatihan komunikasi efektif, pelatihan service excellent, dan pelatihan yang diwajibkan dalam rangka memenuhi kewajiban penilaian KARS, yaitu BHF, K3, dan lainnya,” kata dia, Jumat (8/11/2019) saat ditemui diruang kerjanya.
Dalam pemenuhan sarana prasarana yang mendukung publik, di RS Jogja terdapat ruang laktasi, ruang tunggu rajal dan ranap, ruang bermain anak, sarana ibadah, tempat parkir, kantin, fotocopy, dan fasilitas umum khusus difabel.
Dalam menunjang sistem informasi pelayanan publik, RS Jogka menyediakan leaflet, brosur, poster, spanduk, banner, dan neon box, serta menyediakan papan informasi, dan menguatkan media sosial dan elektronik.
“Untuk sistem konsultasi dan pengaduan dikelola secara langsung oleh pejabat keluhan dan aduan, baik aduan langsung ataupun tertulis, melalui handphone serta terintegrasi juga melalui JSS,” papar Ariyudi.
Sedangkan dalam inovasi, RS Jogja telah menyiapkan inovasi pelayanan publik, seperti forum anak hebat, SIP TEMAN (Eksistensi pelayanan cepat, tepat, nyaman, dan aman), libe music sinden dan siter, brain gym excercise bagi pasien dan penghujung rawat jalan dan HD. “Ada juga layanan 3 in 1 kerjasama dengan Disdukcapil bagi orang melahirkan, pelayanan klinik sore, dan kami juga menyediakan pelayanan pendaftaran by phone dan kartu barcode, laboratory informasi sistem, e-ticket gizi, sistem informasi administrasi dokumen, e-mup (elektronik mutu pasien), e-resep, e-document, dan darling masjo,” pungkas dia. (cdr)