Berita Nasional Terpercaya

FAMI Rekomendasikan Achmad Rifai Jadi Dewan Pengawas KPK

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Pemilihan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergulir. Presiden Jokowi telah menunjuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk memimpin langsung tim internal yang bertugas menggodok nama-nama calon anggota Dewan pengawas KPK. 

Sebelumnya, Pratikno menyebut ada tim internal dan sudah ada long list nama-nama Dewan Pengawas. Pratikno melanjutkan perintah Presiden Jokowi kepada dirinya soal Dewan Pengawas KPK sangat jelas yakni mencari orang-orang terbaik untuk mengoptimalkan kinerja KPK.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Advokat Indonesia (FAMI) H. Zenuri Makhrodji menegaskan keinginannya agar komposisi anggota dewan pengawas KPK diisi oleh tokoh masyarakat yang memiliki kredibilitas dan integritas yang tidak diragukan lagi sehingga dapat mengembalikan kepercayaan rakyat kepada KPK.

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa FAMI berdasarkan aspirasi dari ribuan advokat seluruh Indonesia mendukung dan merekomendasikan Achmad Rifai sebagai Dewan Pengawas KPK periode 2019-2023 mendatang.

?Saya kira Presiden tidak salah apabila memilih orang baik seperti Achmad Rifai, ia Advokat bersih dan berpengalaman pernah menjadi Pengacara KPK serta sangat lama sebagai Direktur Lembaga Penegakan Hukum dan Strategi Nasional (LPHSN) yang telah banyak memberikan kontribusi utamanya dalam penegakan hukum dan hak asasi manusia di Indonesia,” kata Zenuri Makhrodji dalam siaran persnya yang diterima bernas.id, Sabtu (9/11/2019).

Senada dengan Ketua Umumnya, Saiful Anam Sekretaris Jenderal FAMI juga mengatakan telah berkirim surat kepada Presiden Jokowi untuk mengusulkan agar Achmad Rifai dapat menduduki jabatan Dewan Pengawas KPK.

?Kami mendorong orang seperti Achmad Rifai dapat menduduki posisi sebagai Dewan Pengawas KPK dengan pertimbangan kredibiltas, kapasitas dan pengalamannya, saya kira Presiden tidak akan rugi menunjuk beliau sebagai Dewan Pengawas KPK,” jelas Saiful Anam sembari menyebut hari Senin 11 November 2019 surat dukungan itu akan dikirimkan ke Presiden Jokowi.

Sebelumnya disampaikan juru bicara presiden Fadjroel Rachman memastikan proses seleksi calon Dewan Pengawas KPK berjalan transparan.

“Sudah ada orang yang dimintai nasihat. Ada yang menyampaikan melalui Setneg, juga langsung ke Presiden Jokowi,” ujar Fadjroel, Kamis (7/11/2019) di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta. (wit)

Leave A Reply

Your email address will not be published.