Berita Nasional Terpercaya

Ribuan Pesepeda dari Jogja Republik Onthel Keliling Kota Peringati Hari Pahlawan

0

YOGYA, BERNAS.ID ? Guna mewujudkan kembali Kota Yogyakarta sebagai ikon kota sepeda, Jogja Republik Onthel kembali menggelar kegiatan 2 tahunan bertema ?Raja Kaya, Jelajah Sepeda Wisata Sejarah? pada 9-10 November 2019. Minggu (10/11/2019) pagi, ribuan peserta pesepeda onthel berpakaian pejuang mengelilingi Kota Jogja, sekaligus untuk memperingati Hari Pahlawan.

Berangkat dari Benteng Vredeburg, parade sepeda onthel berkonsep jelajah wisata ini melewati bangunan bersejarah lain seperti Museum Taman Siswa, Museum Mandala Bakti Wanitatama, Kampus UGM, dan Tugu Pal Putih.

Penyusun dan Perencana Program Museum Benteng Vredeburg, Agus Sulistya mengatakan parade sepeda Onthel ini bukan funbike seperti event kebanyakan, namun mengandung unsur edukasi.

?Harapannya peserta gowes dapat menerima edukasi dan hiburan yang mendidik. Jadi saat melewati kawasan bersejarah ada petugas yang sekilas menjelaskan unsur sejarah di tempat atau bangunan tersebut,? katanya.

Delegasi dari luar negeri juga turut berpartisipasi seperti dari Austria, Jerman dan Malaysia. Sementara, dari tanah air, hadir juga pesepeda dari Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali.

Tema Raja Kaya sendiri diusung dari peninggalan leluhur yang mengajarkan untuk menabung dalam bentuk ternak dan akan digunakan untuk keperluan di masa datang. Spirit Raja Kaya bila dikaitkan dengan sepeda Onthel adalah untuk menabung dalam bentuk sepeda. Semakin tua sepeda maka nilainya semakin tinggi, lagipula mengayuh sepeda dan mendapatkan kesehatan adalah bentuk kekayaan yang lain.

Sebelum keberangkatan, dilakukan deklarasi Raja Kaya yang meliputi 7 poin yaitu Yogyakarta adalah kota sepeda, bersepeda sangat manusiawi dan membumi, bersepeda menyehatkan dan menambah saudara, bersepeda cerminan seni dan budaya, bersepeda menyelamatkan bumi dari polusi, bersepeda membuat kita kaya, serta bersepeda untuk segala aktivitas.

Presiden Jogja Republik Onthel, Muntowil mengatakan, kini sudah saatnya Yogyakarta kembali menjadi kota sepeda. Sebab pemerintah daerah telah mendukung dengan pemberian fasilitas sepeda di beberapa titik meski saat ini kondisinya kurang memadai.

?Dahulu menjadi program dari walikota sebelumnya, harapannya mengembalikan Yogyakarta menjadi kota sepeda. Selain itu juga sebagai promosi pariwisata Yogyakarta,? katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.