Berita Nasional Terpercaya

Borobudur Writers and Cultural Festivals 2019, Angkat Tema Panteisme – Tantrayana

0

YOGYA, BERNAS.ID – Borobudur Writers and Cultural Festival (BWCF) kembali diselenggarakan di Yogyakarta dan Magelang tanggal 21-23 November 2019 ini. Penyelenggaraan tahun ini, menandai penyelenggaraannya yang ke-8.

BWCF 2019 mengambil tema ?Tuhan dan Alam : Membaca Ulang Panteisme ? Tantrayana dalam Kakawin dan Manuskrip-Manuskrip Kuno?. Panteisme sendiri merupakan tema yang sering diulas oleh mendiang Romo Zoetmulder SJ, pastor Katholik asal Belanda yang merupakan pakar filsafat dan sastra Jawa Kuno.

“Bagi saya, Romo Zoetmulder wafat sebagai seorang maha resi. Ia adalah seorang Wiku asketis yang tak henti-hentinya menyelami religiusitas dan keindahan, serta kesubliman alam rasa Jawa Kuno,” ujar Prof. Dr. Romo Mudji Sutrisno SJ selaku founder BWCF, dalam pembukaan di Hotel Tentrem Jogja, Kamis (21/11/2019).

Ia menjelaskan, dari karya-karya Zoetmulder diketahui bahwa para suciwan dan sastrawan Jawa Kuno memiliki kemampuan membaca sumber-sumber Sansekerta yang tinggi dan kemudian mengolahnya menjadi kisah lain yang tak kalah unggul dalam segi sastra dan filsafat. Ini menurutnya merupakan bukti pencapaian intelektual peradaban yang sangat tinggi.

“Namun ironisnya, bisa dikatakan bahwa generasi milenial sekarang hampir tak mengenal isu-isu dan tema-tema sastra Jawa Kuno, yang sesungguhnya masih sangat relevan dan aktual bagi sumber inspirasi proses penciptaan karya-karya modern,” keluhnya.

Menurut Ketua Panitia BWCF Seno Joko Suyono, BWCF 2019 selain ingin mengangkat tema tersebut juga ingin mendiskusikan bahwa gagasan yang demikian, sejatinya bukan hanya dikenal dalam pemikiran Hindu-Buddhis Jawa Kuno. Namun, sampai pada pemikiran tasawuf muslim yang kemudian berkembang di Nusantara.

?Panteisme adalah suatu paham fisafat dan teologi yang beranggapan bahwa tuhan dan alam adalah sesuatu yang tak bisa dipisahkan,? jelas Seno.

Di samping tema Panteisme, kegiatan BWCF 2019 juga akan mengupas secara mendalam apa yang disebut dengan pemikiran Tantrayana, salah satu cabang esoterik khusus yang ditemui baik di Hinduisme maupun Buddhisme. Untuk itu, dalan kegiatan BWCF 2019, dihadirkan berbagai pakar untuk membahas Panteisme dan Tantrayana di Nusantara.

Berbeda dengan sebelumnya, Borobudur Writers and Cultural Festival (BWCF) untuk tahun ini digelar di Hotel Tentrem Yogyakarta, kawasan Candi serta Hotel Manohara Borobudur dan Rumah Doa Bukit Rhema atau yang dikenal dengan nama Gereja Ayam, Magelang. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.