Berita Nasional Terpercaya

Kemendes PDTT Sarankan Setiap Desa Wisata Punya Chanel di YouTube

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meminta kepada setiap dewa wisata di Indonesia memiliki akun Facebook dan chanel di YouTube. Hal ini penting, sebagai sarana promosi.

Kasubdit Sarana Prasarana Telekomunikasi Ditjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT Minarni Marbun mengatakan akun media sosoal bisa digunakan desa wisata untuk mempromosikan objek wisata mereka secara langsung.

?Dengan adanya akun Facebook dan YouTube bagi setiap desa, maka mereka bisa promosi secara langsung dan promosi lebih cepat. Asalkan ada jaringan internet,? kata Minarni dikutip dari Antara, Sabtu (23/11/2019).

Minarni menilai akun media sosial desa wisata dapat membantu atau menuntut wisatawan untuk menemukan spot-spot wisata yang menarik, sehingga wisatawan berminat untuk mengunjungi desa wisata tersebut.

?Jadi jangan pakai promosi pribadi, itu susah dilacak. Misalnya, saya mau berwisata yang terkenal di Sulawesi Tenggara, Kabupaten Muna, Kabupaten Kolaka, itu bisa langsung ke luar nama desanya. Kalau enggak pakai nama desanya, orang sulit melihat mana yang indah di desa itu,? jelasnya.

Karena itu, dia meminta setiap desa wisata memiliki jaringan internet. Alasannya, untuk mempermudah setiap pengunjung yang cenderung akan mengunggah foro di media sosial masing-masing.

?Ketika kita bicara pariwisata tidak bisa tidak ada Wifi atau jaringan internet. Setiap pengunjung pasti ingin online, upload foto di Instagram, maka jaringan internet itu penting dalam mempromosikan ojek wisata,? tutur Minarmi.

Di kesempatan itu, Minarmi juga menjelaskan kriterian desa terpilih lainnya untuk pendanaan wisata selain memiliki akses internet, di antaranya memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), memiliki Kelompok Sadar Wisata (Poldarwis), memiliki aliran listrik, area terbuka hijau, bersedia menjadikan rumah masyarakat menjadi homestay, dan memiliki akses jalan menuju desa baik. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.