Berita Nasional Terpercaya

Cara Jitu Merawat Kulit saat Musim Pancaroba

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Cuaca yang tidak menentu saat musim pancaroba akan berdampak pada beberapa hal, salah satunya masalah kulit. Apabila tidak melakukan perawatan dengan baik, kulit akan menjadi lebih kering, kusam, bahkan retak-retak.

Dengan keadaan kulit yang tidak prima, tentu saja akan mengurangi kepercayaan diri seseorang. Yuk simak cara jitu merawat kulit saat musim pancaroba!

Minum Air
Minumlah air setidaknya 8-10 gelas setiap hari. Air yang diminum dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Selain itu, air juga dapat mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh serta membantu membersihkan pori-pori kulit kita.

Mengurangi Minuman yang Bersifat Gula
Dengan kondisi tubuh yang memerlukan banyak cairan saat musim pancaroba, sebaiknya mengurangi minuman bersifat gula seperti sirup, teh, ataupun minuman manis. Sifat dari gula yang terdapat dalam minuman dapat menarik cairan di dalam tubuh. 

Menggunakan Pelembab
Waktu yang tepat untuk menggunakan pelembab ialah saat kulit terasa kering, setelah mandi dan sebelum tidur. Paling lama 3 menit setelah mandi, gunakanlah pelembab pada kulit karena pada saat itu pori-pori menjadi lebih terbuka dan dapat menyerapnya dengan lebih cepat. Selain itu, ketika akan beraktifitas di luar ruangan sebaiknya menggunakan sunblock SPF 15-45 agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Perlu diperhatikan, penggunaan sunblock dengan SPF yang terlalu tinggi justru dapat membuat kulit menjadi kering.

Menghindari Pakaian Penyebab Iritasi
Sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman untuk dikenakan dan hindari pakaian berbahan sintetis yang dapat menimbulkan rasa panas berlebihan saat musim pancaroba. Bahan lain yang perlu dihindari ialah wol karena tekstur serat wol yang kasar dapat menyebabkan iritasi serta membuat kulit mudah gatal. Lebih baik gunakanlah pakaian berbahan katun yang dapat dikombinasikan dengan pakaian berbahan lain di bagian luarnya. 

(Pawestri Nurtyas, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan PBSI, Universitas Negeri Yogyakarta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.