Berita Nasional Terpercaya

Kecamatan Mantijeron Juara I Lomba Fragmen Kampanye Anti Kekerasan Perempuan dan Anak

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta menggelar kampanye Anti Kekerasan dalam rangka Hari Anti Kekerasan yang dikemas melalui lomba fragmen. Lomba ini diikuti seluruh Kecamatan se Kota Yogyakarta pada hari Kamis 28 Nivember 2019 lalu di Gedung Bima Balaikota Yogyakarta.

Hari anti kekerasan ini sekaligus untuk mengkampanyekan gerakan Three End, yaitu mengakhiri tiga hal, seperti mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia, dan mengakhiri kesenjangan ekonomi.

Keluar sebagai juara pertama lomba fragmen kampanye anti kekerasan tersebut adalah Kecamatan Mantrijeron, disusul juara kedua Kecamatan Danurejan, dan juara ketiga Kecamatan Kotagede. Sedangkan untuk juara harapan satu diraih Kecamatan Mergangsan, dan juara harapan kedua Kecamatan Gedongtengen.

Camat Mantrijeron, Subarjilan bersyukur pihaknya bisa menjadi juara pertama pada lomba fragmen tersebut, walaupun persiapannya sangat mendesak. “Persiapannya memang tidak longgar, baru bisa mendapatkan grup fragmen sekitar 15 hari sebelum lomba,” ujarnya, Senin (2/12/2019) ketika ditemui diruang kerjanya.

Ditambahkan Subarjilan, begitu didapatkan grup fragmen segera diadakan koordinasi teknis yang terkait dengan materi bahasan yang akan ditampilkan pada fragmen itu.

“Untuk tema utamanya adalah kekerasan terhadap perempuan dan anak pada tataran rumah tangga yang mungkun juga terjadi pada komunitas-komunitas masyarakat lainnya,” kata dia.

Lebih lanjut Subarjilan mengatakan, tujuannya pada lomba fragmen ini memberikan edukasi secara hukum bahwa tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak oleh siapapun itu merupakan pelanggaran hukum. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.