Berita Nasional Terpercaya

Bagaimana Caranya Mahasiswa Dapatkan Beasiswa PPA?

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademi (PPA) merupakan beasiswa yang diberikan pemerintah. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tengah menempuh pendidikannya di semester 2 hingga semester 6.

Pendaftaran beasiswa ini dibuka setiap awal tahun ajaran. Setiap PTN atau PTS memiliki waktu pendaftaran berbeda, tergantung kebijakan masing-masing kampus.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Begitu juga informasi tentang beasiswa PPA tidak menentu. Biasanya mahasiswa mendapat informasi dari pihak kampusnya masing-masing.

Dari data rencanamu.id, ternyata masih banyak mahasiswa yang melewatkan kesempatan mendapatkan beasiswa PPA ini. Padahal, kuota diberikan tiap PTN/PTS bisa lebih dari 1.000 beasiswa.

Tia, salah seorang penerima beasiswa PPA mengatakan untuk mendapatkan beasiswa ini cukup mudah. Begitu ada pengumuman, dirinya mengajukan diri dan selanjutnya diproses.

“Proses seleksinya tiga bulan,” kata Tia.

Meski mudah mendapatkan, kata Tia lagi, mahasiswa penerima beasiswa PPA harus mengikuti aturan yang telah disepakati seperti minimal IPK atau soal persentasi kehadiran kuliah.

Kendati nominal beasiswa ini diberikan tidak begitu besar, paling tidak bisa menopang biaya kuliah dan bisa meringankan beban orangtua.

“Kalau dari kampus saya, biaya yang dikasih oleh beasiswa PPA sebesar Rp 2,4 juta per semester. Itu tergantung dari kampus masing-masing,” ungkap Tia.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mendaftar beasiswa PPA:

1. Mencari tahu persyaratan yang harus dipenuhi. Bisa mencari tahun melalui lama Ristekdikti, akun resmi kampusmu, dan akun resmi BEM kampus.

2. Memaksimalkan nilai IPK, paling tidak di atas 3.00 ahgar bisa bersaing dengan pendaftar beasiswa lainnya di kampus yang sama. Intinya, IPK menjadi faktor penentu untuk menentukan mendapatkan beasiswa PPA

3. Aktif berorganisasi, UKM atau mengikuti lomba. Karena namanya beasiswa prestasi berarti mengharuskan mahasiswa penerima memiliki prestasi. Prestasi ada 2 macam, yakni akademik dan non akademik. Prestasi non akademi bisa berasal dari kegiatan berorganisasi yang bisa mahasiswa ikuti seperti BEM, Senat Mahasiswa dan lain-lain. Ada juga prestasi berasal dari lomba seperti debat bahasa Inggris antarkampus, kompetisi olahraga, dan sebagainya. mahasiswa yang memiliki prestasi akan lebih diutamakan lolos jika melampirkan surat keterangan aktif organisasi dan sertifikat lomba.

4. Cari tahun soal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang bisa diikuti mahasiswa. Karena persyaratan tiap kampus berbeda-beda. Menyisipkan proposal PKM juga termasuk salah satu persyaratan dalam pengajuan beasiswa PPA. PKM ada 7 macam, di antaranya PKM Penelitian, PKM Penerapan Teknologi, PKM Karsa Cipta, PKM Artikel Ilmiah, dan PKM Gagasan Tertulis.

5. Jangan mendadak dan tetap semangat. Persiapkan semua dokumen dan berkas jauh-jauh hari atau pada semester sebelumnya agar saat pendaftaran tinggal menyerahkan saja. (sbh)

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.