Berita Nasional Terpercaya

Festival Batik Nusantara, Hadirkan Ragam Batik Tanah Air

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Beragam batik dari berbagai daerah di Indonesia ditampilkan dalam Festival Batik Nusantara di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM mulai tanggal 9 hingga 11 Desember 2019. Masyarakat akan disuguhi beraneka motif dan corak batik dari berbagai seperti dari  Yogyakarta, Madura, Lasem, Solo, Kebumen Tuban, Garut, Tuban, Purworejo, Tasikmalaya,  dan Kebumen.

Ketua panitia Festival Batik Nusantara, Indriyani Panut Mulyono yang sekaligus Ketua DWP UGM menyampaikan Festival Batik Nusantara kali ini merupakan tahun kedua penyeleggaraan acara. Sebelumnya di tahun 2018 festival mengangkat batik-batik lokal, terutama dari Yogyakarta.

?Pada festival kali ini kami tidak hanya mengangkat batik Yogyakarat saja, tetapi batik-batik di berbagai penjuru nusantara,? tuturnya di Festival Batik Nusantara, Senin 9 Desember 2019.

Indriyani mengatakan penyelenggaraan Festival Batik Nusantara merupakan bagian dari upaya pelestarian batik Tanah Air yang merupakan warisan budaya bangsa. Meskipun batik telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda, tapi usaha menjaga kebudayaan batik agar tetap diakui UNSECO harus terus dilakukan.

Sedangkan, Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono, dalam sambutannya mengatakan melalui para penelitinya, UGM berusaha berkontribusi dalam pengembangan batik baik di bidang pewarnaan, pengembangan corak batik, hingga pengembangan mesin batik. ?Karenanya usaha pengembangan batik ini penting, jangan sampai batik justru berkembang di negara lain,” ujarnya.

“UGM sebagai tempat penelitian dan belajar kebudyaaan akan terus meningkatkan kontribusi terhadap perkembangan batik di Indonesia,? tandasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.