Berita Nasional Terpercaya

DLH Rapikan Pohon Perindang di Jalan Sudirman Jogja

0

YOGYA, BERNAS.ID– Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta melakukan pemangkasan sejumlah pohon perindang yang berada di penggal Jalan Jenderal Sudirman. Ini untuk mendukung pekerjaan revitalisasi pedestrian di kawasan itu yang hampir selesai.

?Pemangkasan dilakukan untuk tujuan estetika karena banyak pohon perindang yang cukup besar di sini dan terkadang tajuknya akan menghalangi keindahan lampu penerangan di trotoar,? kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Suyana, Rabu (11/12/2019).

Ia menambahkan, dengan dipangkas, maka sorot lampu penerangan jalan yang berada di sepanjang trotoar Jalan Jenderal Sudirman akan semakin terlihat dan mampu menerangi pedestrian dengan lebih baik.

?Untuk berapa jumlah pohon yang akan dipangkas, disesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika sekiranya sudah terlalu rimbun maka akan dipangkas,? ujarnya.

Suyana meneruskan, tidak membutuhkan waktu lama untuk menuntaskan pekerjaan tersebut meskipun terkadang petugas DLH juga ikut diturunkan ke lapangan untuk membantu mengevakuasi jika ada pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang.

Selain untuk kebutuhan estetika, pemangkasan pohon perindang tersebut juga ditujukan untuk menjaga keseimbangan perakaran dengan tajuk pohon sehingga pohon tidak mudah roboh saat terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Pekerjaan revitalisasi pedestrian di penggal Jalan Jenderal Sudirman, yaitu dari simpang empat timur hingga simpang Jembatan Gondolayu Yogyakarta ditargetkan selesai pada 22 Desember 2019. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.