Berita Nasional Terpercaya

Inilah Beberapa Atraksi Akhir Tahun di Kawasan Wisata DIY

0

YOGYA, BERNAS.ID – Dinas Pariwisata DIY kini menyiapkan beberapa atraksi di kawasan objek wisata yang ada di kabupaten/kota di DIY. Ini sebagai daya tarik wisata dalam rangka menyambut wisatawan yang merayakan libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Nataru (libur Natal dan Tahun Baru) kita sudah siapkan beberapa atraksi, baik itu di Malioboro Yogyakarta dan kabupaten lain, tentunya kita kerja sama dengan kabupaten dan kota, karena kalau tidak sinergi nampaknya kurang bagus,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo, Kamis (12/12/2019).

Singgih menjelaskan, di kawasan Malioboro akan ada berbagai aktifitas yang akan dapat menghibur pengunjung. Sementara di kawasan wisata Kaliurang Kabupaten Sleman dan Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul juga ada pentas musik.

“Juga di kawasan Embung Nglanggeran Kabupaten Gunung Kidul juga ada pentas wayang dan ada beberapa pementasan kesenian dalam rangka untuk menyongsong libur tahun baru,” katanya.

Dia meneruskankan, kegiatan atraksi sebagai daya tarik wisata dalam rangka menyambut libur akhir tahun 2019 yang disiapkan di semua kabupaten/kota se-DIY ini agar wisatawan tidak terkonsentrasi pada satu wilayah saja, namun tersebar di beberapa lokasi sesuai yang mereka inginkan perayaan.

“Tentunya kenapa kemudian kita sebar ke kabupaten/kota supaya ada pecah massa, supaya tidak ngumpul di dalam kota, karena sekarang ini fenomena para wisatawan menikmati tahun baru, tentunya sudah sangat kondusif bisa memilih dimanapun mereka bisa merayakan,” katanya.

Meski demikian, menurutnya Pemda DIY termasuk pemerintah kabupaten/kota mengharapkan pelaksanaan perayaan libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dapat berjalan aman, tidak ada hal-hal yang krusial serta tidak ada insiden apapun yang mengganggu kenyamanan wisatawan.

Terkait target kunjungan wisatawan ke DIY pada libur Natal dan Tahun Baru, Singgih tidak menargetkan secara spesifik. Tetapi dia optimistis target wisatawan pada 2019 yang dicanangkan sebanyak 5,5 juta wisatawan tercapai hingga akhir tahun.

“Untuk Nataru tahun ini saya spesifik tidak menargetkan. Tetapi secara keseluruhan tahun 2019, wisatawan mancanegara 500 ribu orang, kemudian domestik lima juta orang, jadi ada 5,5 juta orang, atau sekitar enam jutaan wisatawan nanti bisa kita raih di akhir tahun ini,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.