9 Tradisi Indonesia yang Jadi Warisan Budaya Dunia


14 Desember 2019

Foto: Istimewa

JAKARTA, BERNAS.ID - Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa (UNESCO) telah menetapkan pencak silat sebagai warisan budaya dunia tak berbenda. Dengan begitu, sedikitnya sudah 10 budaya Indonesia yang ditetapkan menjadi warisan budaya dunia.

Dilansir dari situs resmi UNESCO, Jumat (13/12/2019), keputusan perihal penetapan suatu produk budaya menjadi warisan dunia diambil oleh Komite untuk Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda Antar Pemerintah melalui pertemuan Majelis Umum PBB.

Berikut 9 tradisi dari Indonesia yang menjadi warisan dunia:

1. Pencak Silat (Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan 2019)

Selain mengandung elemen olahraga, pencak silat dinilai mengandung aspek menyal spiritual, bela diri, dan seni. Istilah ‘pencak’ lebih dikenal di Jawa. Sedangkan ‘silat’ lebih dikenal di Sumatera Barat. Tiap daerah punya gaya sendiri, dilengkapi dengan music, kostum, dan senjata tradisional.

Praktisi pencak silat diajarkan untuk menjaga hubungan dengan Tuhan, manusia, dan alam, melindungi diri sendiri dan orang lain, menghindari tindakan menyakiti penyerang, dan menjalin persahatan.

Pengetahuan terkait silat diajarkan di pendidikan formal, termasuk tradisi tutur, salam, frasa falsafah, pantun, nasihat, lagu, dan teknik bermain peralatan.

2. Pinisi - Seni membuat kapal dari Sulawesi Selatan (Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan 2017)

Pinisi atau seni membuat kapal dari Sulsel merujuk pada keterampilan tali temali dan berlayar yang dimiliki pelaut Sulawesi. Tradisi Pinisi merupakan kelanjutan tradisi membuat kapal bangsa Austronesia. Untuk orang Indonesia dan publik internasional, Pinisi menjadi lambing keterampilan pribumi kepulauan Nusantara.

Sekarang, tradisi membuat kapal berlokasi di Tana Beru, Bira, dan Batu Licin. 70 persen masyarakat di daerah tersebut bermata pencaharian terkait pembuatan Pinisi dan navigasi. Membuat kapal dan berlayar juga merupakan identitas mereka.

3. Tiga Aliran Tari Tradisional Bali (Warisan Budaya Tak Berbenda Kemanusiaan 2015)

Ada tiga aliran tari tradisional Bali, yakni Sakral, Semi Sakral, dan Hiburan. Tari tradisional Bali dipentaskan oleh pria dan wanita mengenakan busana tradisional. Tarian Bali terinspirasi oleh alam dan melambangkan tradisi-tradisi, kebiasaan, dan nilai-nilai keagamaan.

Tarian memadukan postur badan, lutut menekuk, menahan perut, gerakan sesuai irama yang dinamis, ekspresi wajah dengan gerakan mata yang memperlihatkan bahagia, sedih, marah, takut, dan cinta.

Tarian dipadukan dengan gamelan. Penari harus punya charisma, kesederhanaan, disiplin, dan energy spiritual. Penari Bali diajarkan sejak kecil dalam kelompok-kelompok. Tari Bali menyediakan identitas budaya dan pemahaman penjagaan warisan budaya nenek moyang.

4. Noken - Tas Rajut Multifungsi dari Papua (Warisan Budaya Tak Berbenda yang Perlu Dilindungi dengan Mendesak 2012)

Noken dibuat dari jalinan serat pohon atau dedaunan oleh masyarakat Papua dan Papua Barat. Pria dan wanita menggunakan noken untuk membawa hasil bumi, menangkan ikan di laut atau danau, membawa kayu bakar, bahkan tempat membawa bayi. Noken juga digunakan untuk berbelanja dan menyimpan barang di rumah.

Tak hanya itu, Noken juga digunakan untuk perayaan tradisional dan sebagai persembahan perdamaian.

Secara umum, pembuatan noken mencakup pemotongan pepohonan kecil atau semak, pemanasan di atas api, dan perendaman di dalam air.

Serat kayu kemudian dikeringkan dan dijalin supaya menjadi untaian, terkadang diwarnai dengan pewarna alami.

Untaian serat tumbuhan itu kemudian dianyam untuk menjadi tas dengan pola dan ukuran tertentu.

Pemakai noken kini berkurang. Factor yang mengancam kelestarian noken adalah kurangnya perhatian, melemahnya transmisi budaya, berkurangnya pengrajin, persainga dengan tas pabrik, bahan baku, dan pergeseran nilai budaya noken.

5. Tari Saman (Warisan Budaya Tak Berbenda yang Perlu Dilindungi dengan Mendesak 2012)

Tari Saman adalah warisan budaya Gayo, Aceh. Anak laki-laki mementaskannya dengan cara duduk di tumit atau berlutut dalam barisan yang rapat. Semuanya mengenakan busana hitam dilengkapi bordiran warna-warni motif Gayo, melambangkan alam dan nilai luhur. Pemimpin tarian duduk di tengah dan memimpin nyantian dalam bahasa Gayo. Isi syairnya bisa religious, romantis, atau humor.

Penari bertepuk tangan, menepuk dada, paha, dan lantai, juga menjentikkan jari. Mereka mengayunkan dan memutar badan dan kepala. Gerakan bakal serasi dengan perubahan irama, bisa serentak atau berlawanan dengan penari di hadapannya. Gerakan ini melambangkan keseharian orang-orang Gayo dan alamnya. Saman dipentaskan untuk merayakan hari besar nasional dan hari besar agama, merekatkan hubungan antar-desa.

Namun, frekuensi pementasan Saman terus menurun. Banyak penari Saman kini menua tanpa penerus. Anak muda lebih suka permainan-permainan baru dan berpindah domisili untuk melanjutkan pendidikan. Kekurangan dana juga menjadi halangan, soalnya pementasan tari Saman butuh banyak biaya.

6. Angklung Indonesia (Waris Budaya Tak Benda Kemanusiaan 2010)

Angklung adalah instrumen musik Indonesia yang terdiri dari dua atau empat buluh bambu yang disangga dalam satu bingkai bambu, diikat dengan rotan.

Meraut buluh bambu untuk angklung adalah pekerjaan yang butuh kehati-hatian, biasanya dilakukan oleh orang yang sudah ahli, tujuannya supaya menghasilkan notasi tertentu saat bambu digoyang atau ditepuk.

Tiap angklung menghasilkan satu notasi atau akord. Jadi untuk memainkan angklung haruslah berkolaborasi sehingga tercipta melodi. Angklung menggunakan tangga nada pentatonik.

Pada 1938, Daeng Soetigna memperkenalkan angklung bertangga nada diatonik, disebut sebagai angklung padaeng.

Angklung adalah identitas budaya di Indonesia, dimainkan saat upacara tanam padi, panen padi, atau sunatan. Pelestarian angklung dilakukan secara lisan dari generasi ke generasi, juga dilakukan oleh institusi pendidikan. Sifat kolaboratif dalam bermain angklung menghasilkan nilai-nilai gotong-royong dan penghormatan antarpemain, ada pula nilai kedisiplinan, tanggung jawab, konsentrasi, dan pengembangan imajinasi serta ingatan.

7. Batik Indonesia (Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan 2009)

Batik Indonesia digunakan oleh bayi hingga mati. Anak-anak menggunakan bayi dalam bentuk selendang yang dipakai ibunya untuk menggendong. Jenazah juga diselimuti dengan kain batik.

Busana batik dengan desain sehari-hari juga dikenakan saat kegiatan bisnis atau akademis. Kain batik juga punya peran penting dalam upacara adat tertentu.

Batik dibikin oleh pengrajin, mengaplikasikan rancangan motif garis dan titik menggunakan malam panas. Teknik pewarnaan menggunakan metode perendaman dalam satu warna, menghilangkan malam yang menempel dengan cara perebusan.

Keragaman pola mencerminkan keragaman pengaruh, mulai dari pengaruh kaligrafi Arab, buket Eropa, burung China, sakura Jepang, atau merak India Persia. Batik juga punya makna simbolis tergantung warna dan desain.

Batik menjadi tradisi turun-temurun di Jawa sejak awal abad 19. Ketertarikan anak muda terhadap batik kian menurun. Butuh upaya meningkatkan ketertarikan anak muda supaya batik tetap lestari.

Program pelestarian batik dilakukan, termasuk untuk memberi pemahaman sejarah dan nilai budaya terkait batik untuk generasi muda.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional memungkinkan pelestarian budaya seperti batik untuk diterapkan sebagai muatan lokal, seperti Kota Pekalongan. Program pelestarian batik diinisiasi oleh Museum Batik bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pekalongan pada 2005. Program ini meluas ke Batang, Pemalang, dan Tegal.

8. Keris Indonesia (Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan 2008)

Keris adalah senjata tradisional dari Indonesia. Keris dianggap punya kekuatan magis. Kemunculan keris yakni sejak Abad 10, menyebar dari Jawa ke seluruh Asia Tenggara. Bilah keris biasanya berbentuk sempit dengan bagian bawah yang lebar. Sarung keris (warangka) biasa dibuat dari kayu, kadang dilengkapi dengan bahan gading bahkan emas.

Keris mengandung nilai estetika didesain dengan 40 jenis, pola dekorasinya ada 120 jenis, dan tangguh merujuk pada umur dan asal-usul keris.

Seorang empu membuat keris dari berbagai bijih besi dan nikel meteor. Keris berkualitas tinggi dibuat dengan lipatan belasan dan ratusan kali secara presisi. Seorang empu punya keahllian, pengetahuan tentang kesusasteraan, sejarah, serta ilmu gaib. Jumlah empu kini berkurang drastis, sulit menemukan empu yang juga mampu mewariskan keahliannya ke generasi muda.

9. Pertunjukan Wayang (Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan 2008)

Wayang adalah pertunjukan dari Jawa era kuno. Dari Abad 10, wayang dipertunjukkan di keraton-keraton Jawa dan Bali, hingga ke desa-desa. Wayang kemudian menyebar ke Lombok, Madura, Sumatera, dan Kalimantan.

Ada wayang golek (kayu) dan wayang kulit. Wayang digerakkan atau dimainkan oleh dalang. Pertunjukan wayang mengandung nilai-nilai tradisional hingga muatan kritik sosial politik. Wayang membawa karakter dari tokoh mitologis pribumi, epos India, dan pahlawan cerita Persia.

Pertunjukan Wayang masih ada dan populer. Namun, wayang kini bersaing dengan bentuk-bentuk pertunjukan modern. Untuk bersaing dengan pertunjukan modern, seniman wayang kadang menekankan nilai humor, menerapkan musik popular dalam pertunjukan wayang, sehingga bisa menghilangkan karakter asli wayang. (sbh)



SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Lifestyle

Fan Theory : Dark Story dibalik Music Video Crossroads GFriend adalah Kematian?

GFriend adalah sebuah grup beranggotakan 6 member di bawah asuhan agensi Source Music Entertaiment yang kini diakuisisi oleh BigHit Entertaiment. GFriend sendiri debut pertama pada tahun 2015 dan hingga saat ini sudah menyandang banyak reko ...

Lifestyle

Begini Saran Gugus Tugas Soal Tingginya Risiko Penularan Covid-19 di Transportasi Umum

BERNAS.ID - Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19 dokter Reisa Broto Asmoro menyampaikan masyarakat perlu menjaga diri dari penularan Covid-19 saat menggunakan transportasi umum. Hal ini disampaikan saat konferensi pers da ...

Pendidikan

Intip 5 Rahasia Kiat Modifikasi RPP di Masa Pandemi

Bernas.id - Dengan tekad membekali guru-guru untuk melakukan pembelajaran jarak jauh di tahun ajaran 2020-2021, maka Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Seri Webinar di platform Zoom da ...

Lifestyle

4 Kunci Sederhana Bersatu Lawan Covid-19 Ala Wapres Ma'ruf Amin

BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 tidak hanya terjadi di Indonesia. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan pemerintah terus mempercepat langkah-langkah penanganan pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia. Apalagi dampak terhadap mas ...

DIY

Total Pasien Positif Covid-19 di DIY Jadi 324 Orang, Angka Kesembuhan Menurun

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penularan virus corona masih terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal ini ditandai dengan adanya tambahan kasus baru setiap harinya. Dilaporkan ada tambahan 4 pasien positif Covid-19 pada Jumat (3/7/2020 ...

Ekonomi

Agar Jadi Sales Marketing Handal Maka 5 Tugas Ini Wajib Kamu Kuasai

Bernas.id - Kegiatan penjualan produk adalah tanggung jawab sales marketing di sebuah perusahaan. Hal yang wajib ada bagi seorang sales marketing ialah kemampuan berbahasa santun dan berperilaku sopan. Sales bertanggungjawab penuh atas juml ...

Politik

Muncul Peramal Reshuffle, Kepala Staf Kepresidenan: Itu Hak Prerogatif Presiden

BERNAS.ID - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku tidak berani memastikan apakah Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan kabinet (reshuffle) dalam waktu dekat ini.  "Saya nggak bisa melampaui otoritas yang diber ...

Lifestyle

Jamur Enoki Aman Dikonsumsi, Ini Saran Kementan

BERNAS.ID - Produk jamur enoki merupakan salah satu jamur yang digemari masyarakat Indonesia. Sayangnya, sempat geger karena sebuah produk jamur enoki asal Korea Selatan yang mengandung bakteri berbahaya, yakni Listeria monocytoge ...

Ekonomi

Penting, Inilah 5 Cara Membangun Brand Bisnis Kecil Kamu Jadi Besar

Bernas.id – Yang membuat bisnis bertahan dan dikenal oleh banyak orang adalah brand. Maka tak heran jika membangun brand itu cukup sulit dan membutuhkan waktu panjang. Agar bisnis bisa berjalan sukses pebisnis harus bisa membangun bra ...

DIY

Bertambah 6 Orang, Pasien Positif Covid-19 di DIY Jadi 320

BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada tambahan 6 pasien positif Covid-19, Kamis (2/7/2020).  "Terdapat penambahan 6 kasus positif,&qu ...

Ekonomi

Pemulihan Bisnis Pasca Pandemi, Luhur Pradjarto: Hindari Kritisi, Pemerintah Butuh Kolaborasi dan Rekomendasi

Bernas.id - Pemulihan bisnis di Indonesia pada pasca pandemi harus segera mulai dirancang untuk menghindari stagnasi yang berkepanjangan. Kemunculan pandemi Covid19 yang membuat dunia usaha terhenti dan perekonomian merosot tajam, membuat p ...

Desa

Budi Arie Setiadi dalam Kongres Kebudayaan Desa: Menggerakkan Arus Barang dari Desa Ke Kota dengan Digitalisasi Desa

Bernas.id – Kongres Kebudayaan Desa (KDD) yang diprakarsai oleh Sanggar Inovasi Desa yang didirikan Pemerintah Desa Panggungharjo yang kemudian didukung oleh Kementerian Desa PDTT dan KPK telah resmi dimulai pada tanggal 1 Juli 2020. ...

Daerah

Pasien Positif Covid-19 di Jatim Capai 12.245 Orang, Khofifah Wanti-wanti Ini

BERNAS.ID - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim mencatat tambahan kasus terkonfirmasi positif per Rabu (1/7/2020) pukul 17.00 WIB sebanyak 316 orang. Total keseluruhan pasien positif Covid-19 di Jatim mencapai 12.245 ...

Lifestyle

Lagu Terbaru Blackpink Menuai Kontroversi?

BERNAS.ID Blackpink adalah sebuah girlgroup asal korea selatan di bawah asuhan agensi YG Entertaiment. Nama Blackpink sendiri mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Popularitas Blackpink sendiri memang boleh terb ...

Ekonomi

Klinik Pemulihan Bisnis Membuktikan ABDSI Sebagai Asosiasi Pendamping Bisnis yang Profesional

Bernas.id - Pandemi yang berkepanjangan ini membuat banyak UMKM mulai kesulitan menjalankan usahanya, beberapa terpaksa berhenti beroperasi dan merumahkan karyawannya. Karena itulah Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABD ...

Ekonomi

Ingin Punya Bisnis Sesuai Minat Pasar? Ini 4 Cara Terbaik Melakukan Risetnya

Bernas.id – Sebagai pengusaha, lama ataupun baru, pasti berharap bisnisnya disukai pasar alias konsumen. Menjalankan bisnis sesuai permintaan pasar cenderung membuat bisnis stabil dan bisa bertahan lama. Banyak hal yang bisa dilakukan ...

Sintesa

Dialog Cucu dan Kakek tentang Kepala Desa Sukses

“Ya, ya, cerita dari Google-nya nanti kalau kamu berkunjung lagi, salam untuk mamahmu ya,” pesan kakek. Begitulah ucapan kakeknya minggu lalu kepada cucunya saat cucunya berpamitan pulang ke rumahnya. Nama kakek tersebut adal ...

DIY

Kecelakaan di Jembatan Layang Lempuyangan Tewaskan Satu Orang

YOGYA, BERNAS.ID--Insiden tabrakan maut terjadi antara sepeda motor Honda Revo dan sebuah mobil pengangkut uang untuk Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan merek Isuzu Panther di Jl. Dr. Sutomo (flyover Lempuyangan), Rabu (1/7/2020) sian ...

Nasional

MUI: Pancasila Itu Membuat Perdebatan Hubungan Agama dan Negara Sudah Selesai

BERNAS.ID - Sekretaris Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Noor Achmad menyebutkan Pancasila saat ini sudah final sehingga tidak perlu lagi dibenturkan dengan konsep antara agama dan negara dalam dasar negara. Pancasi ...

Pendidikan

Ustaz Yusuf Mansur dalam Buku Semua Bisa Jadi Pengusaha: Saya Termasuk Orang yang Tidak Sepakat dengan Pendapat 'untuk Apa Kita Kuliah?'

Bernas.id - Ustaz Yusuf Mansur, seorang ustaz, pendiri pondok pesantren penghafal Al-Qur'an sekaligus seorang entrepreneur sukses yang terkenal dengan Gerakan Sedekah Nasionalnya ini menuliskan dalam salah satu bukunya yang berjudu ...

Inspirasi

Lakukan Liburan Produktif ala Mahasiswa dengan 3 Tips Berikut

Bernas.id  - Saat yang paling dinantikan oleh mahasiswa adalah memasuki waktu liburan. Mahasiswa perantau tentu lebih menantikan liburan karena bisa pulang ke kampung halaman, melepas rindu pada orangtua, keluarga, dan teman-teman. ...

Pendidikan

Bersiap Adaptasi Tahun Ajaran Baru, Kemdikbud Luncurkan Seri Webinar Guru Belajar

Bernas.id - Sebuah gebrakan diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupa Seri Webinar Guru Belajar untuk mempersiapkan guru-guru dalam beradaptasi menyambut tahun ajaran baru di bulan Juli ini. Serangkaian webinar telah dip ...

DIY

Walikota: Jangan Sampai Ada Klaster TMMD

YOGYA, BERNAS.ID - Meski masih berada di masa pandemi COVID-19, proyek TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II 2020 Kota Jogja tetap digelar, di Talud Sungai Winongo RT 15 RW 03 Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta. Kolabo ...

Pendidikan

Menag Sebutkan Ada Hal Positif Anak Belajar di Rumah Selama Pandemi

BERNAS.ID - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengungkapkan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020 menjadi momen yang mengingatkan pentingnya peran keluarga sebagai sumber kekuatan membangun bangsa dan negara.  "Ibu adala ...

Inspirasi

3 Peluang Kerja Sarjana Akuntansi untuk Bisnis Startup, Nomor Satu Keren Banget

Bernas.id – Siapa bilang kuliah di juruasn akuntansi peluang karirnya akan berkutat soal keuangan dan laporan neraca saja? Banyak peluang kerja yang bisa dilakoni oleh sarjana akuntansi. Ketelitian dan analisis tajam yang dimiliki ole ...

Kesehatan

Masyarakat Anggap Enteng Bahaya Covid-19, Ketum PB IDI Khawatirkan Hal Ini

BERNAS.ID - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng Mohammad Faqih menyampaikan masyarakat Indonesia tidak menjadikan pandemi virus corona sebagai masalah yang serius dan membahayakan. Apalagi Indonesia perl ...

Nasional

Jokowi Jengkel Lihat Menteri Bekerja Biasa Saja, Warganet Gaduh Sebut 'Terawan'

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo rupanya telah mengumpulkan para menteri koordinator, menteri, serta kepala lembaga-lembaga. Menurutnya, semua menteri harus memiliki perasaan dan tanggungjawab yang sama terlebih pada masa tiga bulan belakan ...

DIY

Terus Meningkat! Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di DIY Capai 85 Persen

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona di Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 306 orang. Hari ini dilaporkan ada 2 tambahan pasien positif Covid-19, Minggu (28/6/2020). "Terdapa ...

DIY

DIY Laporkan 3 Kasus Pasien Positif Covid-19 dan 5 Orang Sembuh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada tambahan dua pasien positif Covid-19 pada Sabtu (27/6/2020). Total pasien positif Covid-19 di DI ...

Kesehatan

#MenujuNewNormal, Waspadai Sumber Penularan Covid-19 di 3 Lokasi Ini

BERNAS.ID - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengingatkan pada kondisi new normal ada tiga lokasi yang berpotensi menjadi sumber penularan virus corona. Masyarakat bisa beraktivitas di berbagai temp ...

DIY

DIY Laporkan 3 Tambahan Kasus Baru Karena Riwayat Perjalanan dari Luar Daerah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di DIY pada Jumat (26/6/2020) melaporkan ada tambahan 3 pasien positif terinfeksi virus corona. Menurut data yang diunggah Humas Pemda DIY di Insta ...

DIY

Buruh Jogja Desak Adanya Langkah Konkret Atasi Dampak Pandemi

YOGYA, BERNAS.ID- Ada sekitar 38.000 buruh di DIY yang terdampak pandemi Covid-19. Pemerintah Daerah (Pemda) DIY didesak untuk segera membuat langkah konkret untuk mengatasi malah ini, bukan sekadar regulasi tanpa solusi. Ketua Serikat B ...

Pendidikan

7 Alasan Memilih Kampus Swasta Dibandingkan Kampus Negeri

Bernas.id – Kuliah di kampus negeri mungkin memang harapan banyak orang. Namun, bukan berarti jika kamu kuliah di kampus swasta artinya kamu kuliah di tempat yang kurang bagus. Kampus swasta pun memiliki kualitas yang tidak kalah deng ...

Inspirasi

Hai Pengusaha Muda, Ini Ada 3 Cara Mudah untuk Mencari Ide Bisnis

Bernas.id – Apakah kamu termasuk anak muda yang bercita-cita memiliki usaha sendiri dibandingkan bekerja di perusahaan orang lain? Mungkin kamu ingin membuka kedai kopi atau gerai makanan kekinian atau mungkin malah memiliki butik sen ...

Pariwisata

Catat! Ini 10 Destinasi Wisata Percontohan New Normal di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta telah siap melakukan uji coba penerapan tatanan hidup baru (new normal) untuk sektor pariwisata. Sektor pariwisata mulai bergeliat setelah berbulan-bulan terdampa ...

DIY

1 Positif dan 4 Sembuh, Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di DIY Dekati 83 Persen

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan ada tambahan 1 pasien positif Covid-19, Rabu (24/6/2020). Kasus positif Covid-19 di DIY mencapai 292 orang.&nbs ...

Budaya

Didik Ninik Thowok Ikut Lathi Challenge, Warganet Heboh Lihat Aksi Sang Maestro

BERNAS.ID - Siapa yang tak tahu Didik Nini Thowok? Mendadak, nama seniman legendaris Indonesia ini menduduki trending topic Twitter, Rabu (24/6/2020). Hal ini karena Didik Nini Thowok ikut membuat video lathi challenge. Senim ...

DIY

Pandemi, Muhammadiyah Anjurkan Umat Islam Sedekah Uang daripada Sembelih Kurban

YOGYA, BERNAS.ID - Berdasarkan Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2020, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menjelaskan hasil hisab Zulhijah 1441 H bahwa tanggal 1 Zulhijah 1441 H jatuh pada hari Rabu Wage, 22 Juli 2020,  Hari Arafah (9 Zulhijah 1441 ...

Hukum dan Kriminal

Dianggap Hujat Megawati dan PDIP, 7 Akun Twitter Dilaporkan ke Polda DIY

SLEMAN, BERNAS.ID - Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Eko Suwanto melaporkan tujuh akun Twitter ke Polda DIY, Rabu (24/6/2020) siang atas dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Tujuh akun tersebut ...

Politik

Mahfud MD: DPR yang Usulkan RUU HIP, Pemerintah Tak Bisa Mencabut

BERNAS.ID - Pemerintah tidak bisa mencabut usulan pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi (RUU HIP). Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD usai rapat deng ...

Ekonomi

5 Ide Bisnis yang Bisa dari Rumah Saja, Menjanjikan dan Menguntungkan

Bernas.id – Salah satu kendala yang dihadapi orang ketika ingin berbisnis adalah merasa tidak punya lokasi yang strategis. Ingin sewa tempat, mahal. Bisnis konvensional memang masih menjadikan lokasi sebagai salah satu faktor penting ...

DIY

Hore! DIY Menangkan 2 Kategori Lomba Video Simulasi New Normal

BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang memenangkan lomba video simulasi tatanan normal baru (new normal) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat. Kementerian Dalam Negeri sebagai pihak penyelenggara te ...

DIY

3 Kasus Baru Covid-19 di DIY Hasil Pemeriksaan Mandiri di Salah Satu Rumah Sakit

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan ada 3 tambahan kasus baru Covid-19, Selasa (23/6/2020).  "Terdapat penambahan 3 kasus positif ...

Lifestyle

Usai Baim Wong Ubah Ucapan Ulang Tahun untuk Jokowi, Begini Komentar Netizen

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat ucapan selamat ulang tahun dari aktor sekaligus YouTuber Baim Wong. Presiden Jokowi berulangtahun ke-59 pada Minggu, 21 Juni 2020 kemarin.  Ucapan dari Baim Wong yang ditulisny ...

Inspirasi

Ingin Sukses Menjalani Bisnis Sesuai Passion? Ikuti 5 Tips Ini

Bernas.id – Saat ini banyak orang yang sering membicarakan tentang passion. Pekerjaan dan apa pun yang dilakukan oleh seseorang selalu dihubungkan dengan apa yang menjadi passion orang tersebut. Hal itu cukup bisa diterima karena bias ...

Pendidikan

Ombudsman DIY Buka Posko Penyesuaian New Normal Sektor Pendidikan

YOGYA, BERNAS.ID - Lembaga Ombudsman (LO) DIY membuka Posko Pengaduan Penyesuaian Kenormalan Baru untuk Sektor Pendidikan Tahun Ajaran 2020/2021 mulai dari tanggal 23 Juni-30 September 2020. Posko ini menampung semua keluhan, kritikan, masu ...

Lingkungan

Pandemi Covid-19 Panen Limbah APD dan Berujung Pencemaran Lingkungan, Ini Pesan LIPI

BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 menuntut orang-orang bisa membatasi diri beraktivitas di luar rumah, menjaga kesehatan, dan physical distancing. Masyarakat pun termovitasi menjalankan pola hidup sehat. Sementara itu, penanganan pasie ...

Kesehatan

Menko PMK Sampaikan Kabar Baik Soal Produksi PCR Dalam Negeri

BERNAS.ID - PT Bio Farma (Persero) sudah siap memproduksi alat polymerase chain reaction (PCR) yang digunakan untuk mendeteksi virus Corona. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan (PMK) ...

DIY

Kabar Baik! DIY Laporkan 0 Kasus Positif dan Angka Kesembuhan Capai 82 Persen

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta kembali melaporkan 0 kasus positif Covid-19 pada Senin (22/6/2020) setelah kemarin Minggu (21/6/2020) ada tambahan 3 orang positif Covid-19. Jumlah pasien yang positif terinfeksi virus ...

Kesehatan

Ditambah Covid-19, Kemenkes: Indonesia Hadapi Infeksi Ganda

BERNAS.ID - Sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia, ada pula penyakit yang sudah mewabah lain yang tengah mewabah, yakni demam berdarah dengue (DBD). Sejak awal Maret Indonesia harus menghadapi ancaman penyakit DBD dan Covid-19. Setidak ...