APHA Dorong DPD RI Sahkan RUU Masyarakat Hukum Adat


17 Desember 2019

APHA Indonesia Bwrsama DPD RI (FOTO : IST)

JAKARTA,BERNAS.ID - Asosiasi Pengajar Hukum Adat (APHA) Indonesia sempat melakukan dengan DPD RI. 

Pertemuan itu guna mendorong pengesahan Rancangan Undang-Undang Masyarakat Hukum Adat demi melindungi hak-hak masyarakat adat dan eksistensi hukum adat yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia.

Sekretaris Dewan Pembina APHA Indonesia, Prof. Dr. Rr Catharina Dewi Wulansari, SH, MH, SE, MM, Ph. D, dalam keterangan tertulis, Selasa (17/12/2019), menyampaikan, negara harus melidungi hak-hak masyarakat adat dan eksistensi hukum adat karena masyarakat adat merupakan bagian tidak terpisahkan dari bangsa Indonesia.

Adapun hukum adat, lanjut dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung ini, hingga kini hukum adat masih tetap eksis dan melingkupi kehidupan masyarakat adat.

"APHA Indonesia memandang bahwa hukum adat adalah cerminan kepribadian bangsa, sehingga hukum adat dapat dikatakan sebagai cerminan  jiwa hukum Indonesia. Eksistensi hukum adat dan masyarakat adat beserta hak-hak adatnya itu wajib dilindungi oleh negara," ujarnya.

Pascaamandemen UUD 1945, pengakuan terhadap eksistensi hukum adat dimuat dalam Pasal 18B UUD 1945. Namun dalam realitasnya, amanat Konstitusi dan berbagai norma hukum yang berkaitan dengan pengakuan atas hukum adat itu belum terimplementasi secara maksimal, bahkan terabaikan dalam pembangunan hukum nasional.

Pembangunan hukum nasional yang cenderung berkiblat pada hukum barat yang berorientasi pada kodifikasi dan unifikasi hukum membuat hukum adat makin termarginalkan dan tergerus oleh bangsa-nya sendiri untuk dan atas nama perkembangan masyarakat, budaya, dan hukum.

"Bahkan ada Fakultas Hukum yang sudah menghapus mata kuliah hukum adat dari kurikulumnya. Ini adalah sebuah ironi kebangsaan. Sebab hukum adat itu mencerminkan jiwa bangsa dan budaya hukum bangsa Indonesia," ujarnya.

Menghilangkan eksistensi hukum adat berarti menghilangkan eksistensi jati diri dan jiwa bangsa. Bahkan dalam beberapa putusan pengadilan yang memeriksa, mengadili dan memutus perkara yang berkaitan dengan hukum adat, tidak jarang hakim kurang menggali nilai-nilai hukum adat yang hidup dalam masyarakat yang berperkara, sehingga putusannya dinilai tidak adil oleh masyarakat adat.

"Oleh sebab itu, menjadi sangat penting bagi aparat penegak hukum (polisi, jaksa, dan hakim) untuk tidak semata-mata menerapkan hukum positif dan mengabaikan nilai-nilai hukum yang hidup dalam masyarakat dalam memeriksa, menuntut dan memutus perkara-perkara yang melibatkan masyarakat adat dan perkara adat," katanya.

Jika ditelisik, ujar Catharina, banyak muatan hukum adat yang dijadikan prinsip hukum modern dalam penyelesaian sengketan seperti prinsip win-win solution, prinsip perdamaian, prinsip mediasi, dan lain-lain.

"Agaknya politik hukum dan paradigma pembangunan hukum nasional kita perlu direkonstruksi, agar pembangunan hukum nasional betul-betul mengutamakan penggalian dan pencarian nilai-nilai hukum yang hidup dan berkembang dalam masyarakat.

"Studi banding ke luar negeri dalam konteks penyusunan sebuah RUU adalah wajar, tetapi hasil studi banding itu hanya sebagai pelengkap semata," katanya.

Penelitian dan kajian terhadap hukum adat perlu mulai dihidupkan kembali agar hasilnya bermanfaat dalam pembangunan hukum nasional. Muatan sebuah RUU wajib bersumber dari nilai-nilai dan hukum yang hidup dalam bangsa sendiri, serta dibutuhkan.

Bukankah, RUU yang sudah menjadi UU itu diterapkan bagi bangsa Indonesia dan bukan bangsa asing. "Belanda saja mengakui eksistensi hukum adat, mengapa justru bangsa sendiri mengabaikan dan me-marginalkan eksistensi hukum adat?" ujarya.

Catharina menilai, nampaknya ada kesesatan pikir banyak kalangan akibat terlalu mengagungkan hukum barat yang jelas berkarakteristik individual dan sekuler. Padahal, bangsa Indonesia adalah bangsa yang komunal dan religius.

"Mengembalikan ruh pembangunan hukum nasional agar sesuai dengan nilai-nilai hukum yang hidup dalam masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat adalah sebuah keniscayaan," katanya.

Masyarakat Indonesia silakan saja terus maju dan berubah, tetapi jangan pernah kehilangan jati diri sebagai sebuah bangsa yang komunal dan religius. Menjadikan hukum adat atau hukum yang hidup dalam masyarakat sebagai salah satu pondasi pembangunan hukum nasional urgen untuk dilakukan, agar produk hukum nasional efektif dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Terkait persoalan ini, kata Catharina, APHA ?Indonesia telah melakukan audiensi kepada Pimpinan DPD RI. APHA Indonesia diterima oleh Wakil Ketua DPD RI, Dr. Nono Sampono, S.Pi, M.Si, kemarin.

Audiensi tersebut merupakan pertemuan lanjutan untuk menindaklanjuti rencana kerja sama antara APHA Indonesia dengan DPD RI terkait hukum adat dan masyarakat adat, termasuk upaya APHA Indonesia untuk mendorong percepatan proses penyelesaian RUU Masyarakat Adat yang saat ini sedang berproses di DPR RI.

"Semoga simposium nasional hukum adat yang telah digagas oleh Pimpinan DPD RI Periode 2014 – 2019 dapat terealisasi sebagaimana yang diharapkan. APHA Indonesia siap bekerja sama dengan Pimpinan DPD RI Periode 2019 – 2024 untuk menyelenggarakan simposium nasional hukum adat tersebut," katanya.

Kegiatan simposium ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam upaya merekonstruksi muatan politik hukum nasional dan pembangunan hukum nasional agar berjiwa dan berkarakter bangsa Indonesia sendiri.

Penelitian dan pengkajian mengenai hukum adat yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia juga perlu terus dikembangkan dan ditingkatkan.

APHA Indonesia menyatakan, sudah saatnya muatan hukum adat dibumikan agar mewarnai setiap produk undang-undang dan peraturan perundang-undangan nasional, termasuk produk hukum di daerah provinsi, kabupaten, dan kota.

"Ini penting agar eksistensi hukum adat tak lapuk karena hujan dan tak lekang karena panas, sehingga terus lestari di negeri dan bangsanya sendiri," ujarnya.(fir)



SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Mbah Lindu, Penjual Gudeg Legendaris di Jogja Meninggal di Usia 100 Tahun

YOGYA, BERNAS.ID - Mbah Lindu, penjual gudeg di Kota Yogyakarta meninggal dunia pada hari Minggu, 12 Juli 2020 di rumahnya sekitar pukul 17:45 WIB. Wanita bernama asli Biyem Setyo Utama itu meninggal dunia dalam usia 100 ...

Kesehatan

Meski Sesak! Jubir Sarankan Pakai Face Shield Tetap Dibarengi Masker

BERNAS.ID - Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah merilis pedoman baru tentang kemungkinan penularan virus corona bisa melalui udara. WHO mengakui jika virus corona bisa bertahan di udara pada kondisi ruangan tertutup. Risiko penularan Cov ...

Ekonomi

5 Tips Berbisnis Minuman Kekinian Siap Saji Agar Tidak Kalah Saing

Bernas.id – Minuman kekinian yang biasanya dijual secara cepat saji kian menjamur terutama di kota-kota besar. Berbagai merk dan rasa seolah serupa satu dengan yang lainnya. Kebanyakan, minuman kekinian tersebut memiliki lebih dari 3 ...

Ekonomi

Denni Puspa Purbasari: Kartu Prakerja Bukan Bantuan Sosial

BERNAS.ID JAKARTA- Beberapa orang salah mengira bahwa, Kartu Prakerja diibaratkan sebagai bantuan sosial.  Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari meluruskan, Kartu Prakerja adalah semacam beasis ...

Ekonomi

Ari Dwipayana : Kartu Prakerja Harus Adaptif dalam Situasi Pandemi

  BERNAS ID JAKARTA - Kartu prakerja harus dilihat sebagai bagian dari policy reform. Sederhananya sebagai sebuah terobosan dalam menghadapi masalah struktural yang cukup panjang.    Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat K ...

Pariwisata

Ingin Lekas Piknik? Ini Tips Aman Liburan Saat New Normal

BERNAS.ID - Sudahkah berniat ingin berwisata di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB)? Larangan bepergian karena mencegah penyebaran Covid-19 sejak Maret 2020 lalu membuat masyarakat harus bertahan di rumah. Apalagi ketika daerah men ...

Lifestyle

Bukan Karena Kehabisan BBM Lalu Diisi Bensin Eceran! Begini Klarifikasi Setwapres

BERNAS.ID - Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar mengklarifikasi soal video mobil Wakil Presiden yang diduga kehabisan bahan bakar dan diisi bahan bakar eceran. Rekaman video yang sudah viral tersebut akhirnya diluruska ...

Ekonomi

Milenials, 5 Bakat Seni Ini Bisa Jadi Bisnis di Era New Normal, lho.

Bernas.id – Seseorang yang punya keterampilan seni seringkali dipandang kurang bisa menghasilkan uang atau memiliki pekerjaan yang bagus. Seperti halnya keterampilan lain, seni juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang jika kamu bisa me ...

Kesehatan

Gugus Tugas: Tempat Tertutup Itu Berpotensi Penularan Covid-19, Ini Tips Pencegahannya

BERNAS.ID - Udara dingin dan ruang yang tertutup akan meningkatkan potensi terjadinya penularan virus corona melalui udara. Hal ini disampaikan oleh anggota Tim Pakar Medis Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Budiman Bela.  &q ...

Kesehatan

Soal Lonjakan Jumlah Pasien Positif, Begini Penjelasan Ketua Gugus Tugas Nasional

BERNAS.ID - Tambahan pasien positif Covid-19 di Indonesia beberapa hari belakangan ini menjadi sorotan karena angkanya sempat melampaui 2.000. Misalnya, kemarin Kamis (9/7/2020) dilaporkan ada penambahan pasien positif Covid-19 sebanya ...

Kesehatan

Akhirnya Indonesia Bisa Produksi Rapid Test! Begini Keunggulan dan Harganya

BERNAS.ID - Indonesia mampu memproduksi alat tes cepat (rapid test) yang unggul secara kualitas maupun harga dibandingkan produk impor. 1 unit alat pendeteksi Covid-19 buatan anak bangsa ini harganya Rp 75.000.  Hal ini disampaikan ...

Inspirasi

Gerald Sebastian dalam Festival Mahakarya Ulas Awal Mula Menjadi Youtuber Hingga Mendapat Jutaan Subscriber

Bernas.id – Universitas Mahakarya Asia kembali menyelenggarakan Festival Mahakarya bertajuk ‘How to Survive as Millenials and Love Yourself’ dengan dua narasumber muda yaitu Gerald Sebastian, co-Founder and Business D ...

Ekonomi

Hai Millenials, 7 Ide Bisnis Ini Bisa Bantu Selamatkan Bumi, Lho!

Bernas.id – Sebagai generasi milenial kamu harus mulai berpikir selangkah lebih maju jika ingin berbisnis. Membangun bisnis tidak hanya mencari profit tapi juga bermanfaat untuk sesama. Lebih jauh lagi, berbisnis akan lebih bermakna j ...

Pendidikan

Sekolah di Kota Jogja ini Hanya Punya Sedikit Siswa Baru, Sebagian Berkebutuhan Khusus.

YOGYA, BERNAS.ID - SMP dan SMA Gotong-Royong, sekolah swasta yang berada di kawasan Tegalrejo Kota Yogyakarta ini kembali tidak memperoleh jumlah siswa yang banyak, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Hingga Jumat (10/7/20 ...

Ekonomi

Sejumlah Rp30 Triliun Uang Negara Ditempatkan di 4 Bank Milik Negara (Himbara) Sebagai Upaya Percepatan PEN

Bernas.id – Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional oleh Kementerian Koperasi dan UMKM yang menganggarkan dana sebesar Rp123,46 triliun, hingga tanggal 9 Juli 2020 penyaluran dana PEN mencapai 6,82% yaitu sebesar Rp8,42 triliun. Penyalura ...

Kesehatan

Makin Waspada Penularan Covid-19 Lewat Udara, Jubir Pemerintah Minta Masyarakat Lakukan Ini

BERNAS.ID - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia, Achmad Yurianto kembali mengingatkan penularan virus corona bisa terjadi melalui droplet orang yang sakit Covid-19 maupun orang yang terinfeksi virus corona tet ...

Kesehatan

Klaster Secapa AD Sebabkan Lonjakan Kasus Baru di Jabar, Mayoritas OTG

BERNAS.ID - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melaporkan ada penambahan pasien positif Covid-19 mencapai 2.657 kasus pada Kamis (9/7/2020) kemarin. Hal ini karena ada tambahan dari klaster Sekolah Calon P ...

Ekonomi

6 Instansi Penyalur KUR Mengajukan Surat Tagihan Pembayaran Kepada KemenKopUKM Terkait Penyerapan Dana PEN untuk UMKM

Bernas.id – Penyaluran dana PEN untuk Koperasi dan UMKM per tanggal 9 Juli 2020 sudah mencapai 6,82% naik dari 0,20% pada awal Pusat Informasi Pemulihan Koperasi dan UMKM diluncurkan yaitu pada tanggal 2 Juli 2020 melalui lintas kemen ...

Nasional

Unggah Foto di Instagram! Jokowi dan Prabowo Bagikan Momen Kunjungan Kerja ke Kalteng

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo telah mengunjungi Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Kamis (9/7/2020) kemarin. Pada kunjungan kerja kali ini, Presiden yang akrab disapa Jokowi itu didampingi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo ...

DIY

Tambah 8 Pasien Positif Covid-19 di DIY, Semuanya Warga Bantul

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 8 orang pada Kamis (9/7/2020). Sehingga total pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY menjadi 357 orang ...

Lifestyle

Fan Theory : GFriend, sebuah kesepian berujung pengorbanan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebuah backstory yang dalam telah menjadi lahapan sehari hari bagi para fans dari girlgroup GFriend. Source Music Entertaiment, agensi yang menaungi grup tersebut tak pernah bosan menghadirkan berbagai sisi ...

Kesehatan

Penularan Covid-19 Tanpa Disadari dari Orang Positif Tanpa Gejala

BERNAS.ID - Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah telah memberlakukan berbagai langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19. Potensi penularan dari orang-orang yang tidak memiliki gejala ...

Hukum dan Kriminal

Mayat Mahasiswa S3 Ditemukan di Kamar Indekos

YOGYA, BERNAS.ID--Mayat seorang pria ditemukan di sebuah indekos di kawasan Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta Rabu (8/7) sekitar pukul 17:30 WIB. Diduga, korban yang merupakan mahasiswa S3 di sebuah perguruan tinggi negeri Islam di Jogja ter ...

Ekonomi

Kementerian Koperasi UKM Alokasikan Dana PEN Sebesar Rp123,46 Triliun dalam 6 Kategori

Bernas.id - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia mengalokasikan anggaran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khusus untuk Koperasi dan UMKM sebesar Rp123,46 triliun tersebar di lintas kementerian/lembaga, ...

DIY

Dikabari Ada Penggembungan dari BPPTKG, BNPB Peringatkan Empat Kabupaten untuk Siap Siaga Merapi

SLEMAN, BERNAS.ID- Terkait data aktivitas Gunung Merapi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menemui Bupati Sleman, Sri Purnomo untuk koordinasi terkai ...

Kesehatan

Ada Karyawan Positif Tanpa Gejala di Kemendikbud, Begini Penjelasan Dirjen Dikti

BERNAS.ID - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto membeberkan bahwa lonjakan kasus baru Covid-19 di Indonesia didominasi oleh orang tanpa gejala atau gejala minimal. Gejala minimal yang dimaksud seperti hanya mera ...

Sintesa

Dialog Cucu dan Kakek tentang Potensi Genius Teman-teman di Desa

Oleh:  Prof. Sudjarwadi Cucu Aleita sedang mendengarkan Nenek Yatica yang menceritakan bacaan resep-resep masakan yang menurut Nenek merupakan pilihan lauk lezat, sekaligus membuat sehat. Kakek duduk di sebelahnya, hanya ikut menden ...

Kesehatan

Bertambah 1.853 Pasien Positif Covid-19, Jubir: Sebagian Besar Gejala Minimal

BERNAS.ID - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengumumkan ada 1.853 kasus baru pasien positif Covid-19, sehingga totalnya mencapai 68.079 orang per Rabu (8/7/2020). "Penambahan kasus positif ...

DIY

Sembuh dari Covid-19, Empat Anggota Polda DIY Lakukan Donor Plasma Darah untuk Kemanusiaan

SLEMAN, BERNAS.ID- Dalam rangka bakti kesehatan, keempat siswa SIP (Sekolah Inspektur Polisi), anggota Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 mendonorkan plasma darahnya (convalescent) di RSU ...

Daerah

Merapi Aktif Lagi, Begini Perintah Ganjar Bersiap Hadapi Erupsi di Tengah Pandemi

SEMARANG, BERNAS.ID - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan agar para jajarannya bersiap mengantisipasi bencana alam gunung meletus. Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta suda ...

DIY

Didominasi Kontak Langsung, Ada 7 Tambahan Pasien Positif Covid-19 di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada tambahan 7 pasien positif Covid-19 pada Selasa (7/7/2020). Hasil laporan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di DIY, total pasien posit ...

Inspirasi

Putu Nanda Tergabung dalam Komunitas TEAJ: Mempertaruhkan Keselamatan Demi Nyawa Orang dalam Ambulans

Bernas.id – Pada hakikatnya manusia tidak bisa hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain. Di sinilah peran manusia agar bisa saling membantu antar sesama untuk menciptakan harmonisasi dalam kehidupan. Perilaku saling membantu kepada ...

Inovasi

Dikenalkan Ventilator Karya Bangsa, Sri Sultan Sindir Birokrasi Pemerintah Suka Barang Impor

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Sri Sultan Hamengkubuwono X mengapresiasi produk ventilator karya peneliti UGM. Menurut Sri Sultan, produk alat kesehatan karya anak bangsa perlu didorong untuk mengurangi ketergantungan pada produk impor. Namun be ...

Kesehatan

Tingginya Angka Kematian, Doni Monardo: Covid-19 Itu Seperti Malaikat Pencabut Nyawa

BERNAS.ID - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat kematian karena terinfeksi virus corona di Indonesia ada 3.241 orang. Terhitung sejak 2 Maret hingga 7 Juli 2020. Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Nasional menyampaik ...

DIY

Tambahan Pasien Positif Covid-19 di DIY Karena Kontak Langsung, Warganet Gelisah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada tambahan 8 pasien positif Covid-19, Senin (6/7/2020) sore. Jumlah pasien positif Covid-19 di DIY pun men ...

Kesehatan

Muhammadiyah Ingatkan Bahwa Wabah Covid-19 Belum Berakhir

YOGYA, BERNAS.ID—Hingga tanggal 5 Juli 2020 kemarin, angka Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 63.749 kasus terkonfirmasi positif, bertambah 1.607 kasus dari hari sebelumnya dengan jumlah total yang meninggal mencapai 3.171 orang. Me ...

Olahraga

Jogja Batal jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Sultan Alihkan Anggaran ke Covid-19

YOGYA, BERNAS.ID -PSSI telah mengumumkan dibatalkannya penggunaan stadion Mandala Krida sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2021 dengan pertimbangan FIFA khawatir akan status Gunung Merapi yang bisa erupsi sewaktu-waktu. Menanggapi h ...

Inspirasi

Sarita Sutedja 'Upnormal' Beberkan 3 Kunci Suksesnya dalam Berwirausaha saat Festival Mahakarya

Bernas.id - Upnormal, adakah yang asing dengan brand ini? Rasanya hampir semua orang pernah dengar dan tahu apa itu Upnormal. Yup, tepat sekali. Upnormal adalah tempat nongkrong dengan menu makanan indomie kekinian. Sarita Sutedja yang m ...

Ekonomi

5 Tips Bermanfaat Atur Keuangan Pribadi saat New Normal

Bernas.id - Pandemi Covid-19 tidak hanya membuat sektor kesehatan harus bekerja keras tapi juga mempengaruhi sektor ekonomi. Semua lapisan masyarakat dengan berbagai penghasilan dan pengeluaran terdampak covid-19. Untuk mengatasi masalah te ...

DIY

Demo Minta Pembatalan RUU HIP Dilakukan Ormas Jogja Lagi

YOGYA, BERNAS.ID– Puluhan orang dari berbagai organisasi masyarakat (ormas) di DIY berkumpul di titik nol kilometer Jogja, Senin (6/7/2020). Mereka kembali berunjukrasa di masa pandemi ini dengan aspirasi menolak adanya Rancangan Unda ...

Lifestyle

Mahasiswa Susah Menabung Jika Masih Suka dengan 5 Kebiasaan IniĀ 

Bernas.id – Tujuan menabung bukan serta merta untuk bisa kaya tapi memiliki keuangan yang sehat. Bisa menabung artinya kamu bisa memprioritaskan mana yang kebutuhan mana yang sekadar keinginan. Jika ingin hidup tenang karena mempunyai ...

Inspirasi

Festival Mahakarya: Pentingnya Pendidikan bagi Millennials di Era New Normal oleh Wirda Mansur dan Sarita Sutedja

Bernas.id - Festival Mahakarya yang dilaksanakan kemarin (5/7) secara live di kanal Youtube berlangsung sangat seru dengan dua penyaji muda, sukses, dan berpengalaman, Wirda Mansur direktur WakeUpMakeUp dan Sarita Sutedja founder Upnor ...

Desa

Dani Pristiawan dalam KKD Seri Khusus: Inklusivitas Masyarakat Salamrejo, Kulonprogo dalam Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Leluhur Serta Kearifan Lokal

Bernas.id – Minggu, 5 Juli 2020 Webinar Kongres Kebudayaan Desa mengangkat tema ‘Inklusi Sosial: Mewujudkan Masyarakat Inklusif dalam Tatanan Indonesia Baru’. Webinar kali ini dipimpin oleh seorang moderator Abdi Suryan ...

Editorial

Adaptasi dan Pemulihan

Pandemi Covid-19 ini memang extra ordinary disaster. Ia berukuran mikro, tak tampak kasat mata, namun mampu mengguncang peradaban manusia secara global. Hampir semua aspek kehidupan manusia terdampak dengan adanya pandemi, dari keseha ...

Inspirasi

Wirda Mansur, Belum Genap 20 Tahun Sudah Jadi Direktur

Bernas.id - Muda, berbakat, plus punya usaha sendiri. Keren. Begitu kira-kira yang akan kita katakan begitu mengenal sosok Wirda Mansur, gadis cantik dengan segudang prestasi. Bagaimana tidak, di usianya yang belum genap 20 tahun sudah jadi ...

Lifestyle

9 Tips Memakai Make Up dengan Aman di Masa New Normal

Bernas.id – Bagi sebagian perempuan, berada di rumah saja selama PSBB atau lockdown beberapa bulan kemarin memmbuat kosmetik alias make up mereka awet. Jangankan blush on, eye shadow, dan eyeliner pakai bedak atau lipstik pun sangat j ...

Kesehatan

5 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Meski Beraktivitas Berat di New Normal

Bernas.id – Beraktivitas di luar rumah karena sudah memasukai era new normal bukan berarari pandemi sudah berakhir. Segala aktivitas bisnis dibuka dengan alasan menjaga roda perekenomian tetap berputar bukan karena corona sudah benar- ...

Lifestyle

Fan Theory : Dark Story dibalik Music Video Crossroads GFriend adalah Kematian?

GFriend adalah sebuah grup beranggotakan 6 member di bawah asuhan agensi Source Music Entertaiment yang kini diakuisisi oleh BigHit Entertaiment. GFriend sendiri debut pertama pada tahun 2015 dan hingga saat ini sudah menyandang banyak reko ...

Lifestyle

Begini Saran Gugus Tugas Soal Tingginya Risiko Penularan Covid-19 di Transportasi Umum

BERNAS.ID - Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19 dokter Reisa Broto Asmoro menyampaikan masyarakat perlu menjaga diri dari penularan Covid-19 saat menggunakan transportasi umum. Hal ini disampaikan saat konferensi pers da ...

Pendidikan

Intip 5 Rahasia Kiat Modifikasi RPP di Masa Pandemi

Bernas.id - Dengan tekad membekali guru-guru untuk melakukan pembelajaran jarak jauh di tahun ajaran 2020-2021, maka Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Seri Webinar di platform Zoom da ...

POPULER