Berita Nasional Terpercaya

Tim Jibom Sterilisasi 20 Gereja Prioritas di Sleman

0

BERNAS.ID, SLEMAN- Tak hanya hanya melibatkan personel polsek setempat, Satuan Brimob juga mengerahkan tim penjinak bom (jibom) untuk melakukan sterilisasi di 20 gereja prioritas yang ada di Sleman. Tak kurang dari 20 personel yang terbagi dalam tiga tim mulai melakukan sterilisasi Minggu kemarin (22/12).

AKP Suripto, Dansubden Jibom Gegana Sat Brimob Polda DIY menjelaskan tiga tim Jibom menyisir tiga wilayah, yaitu Sleman sisi barat, sisi tengah, dan sisi timur, kemudian dilanjutkan sterilisasi di Kulonprogo, Bantul, dan Gunungkidul. “Hari ini kami habiskan di empat kabupaten, lalu besok dilanjutkan di Kota Jogja,” katanya usai melakukan sterilisasi di Gereja Katolik Santo Aloysius Gonzaga, Mlati, Senin 23 Desember 2018.

AKP Suripto menerangkan sterilisasi bertujuan untuk mengantisipasi adanya bahan peledak (handak) maupun bom di tempat ibadah. Untuk itu, para personel melakukan penyisiran secara menyeluruh, mulai jalan masuk ke gereja, ruangan dalam gereja, hingga seluruh sudut-sudut ruangan di gereja, termasuk langit-langit gereja. “Dari pemeriksaan beberapa gereja tadi tidak ditemukan bahan berbahaya seperti handak maupun bom, semua masih kondusif,”ujarnya.

Usai sterilisasi, AKP Suripto menyerahkan pengamanan saat pelaksanaan misa kepada polsek setempat. Namun, ia juga menyebut akan didirikan tiga posko utama, yaitu di Gereja Katolik Keluarga Kudus Banteng, Ngaglik, Sleman, Gereja Katolik Santo Antonius, Kota Baru, Jogja, Gereja Katolik Hati Kudus Tuhan Yesus, Ganjuran, Bantul.

Sebelumnya, Karo Ops Polda DIY Kombes Pol Hermansyah memaparkan bahwa jumlah gereja di wilayah Yogyakarta ada 404 buah. Untuk gereja dengan kriteria aman sejumlah 360 gereja dan rawan 1 sebanyak 44 gereja, sedangkan tidak ada gereja dengan kriteria rawan 2.

Ia menjelaskan, indikator rawan 1 berarti gereja dengan jamaat banyak, pernah terjadi konflik dengan masyarakat, pernah terjadi konflik internal, dan pernah terjadi teror. Sedangkan, indikator rawan 2 gereja yang sedang mengalami konflik. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.