Berita Nasional Terpercaya

Kunyit, Bumbu Dapur yang Kaya Akan Manfaat

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kunyit selama ini dikenal sebagai bahan pelengkap masakan yang memiliki warna dan rasa yang khas. Akan tetapi, bumbu dapur yang satu ini tidak hanya digunakan sebagai pelengkap masakan. Kunyit juga dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan karena memiliki segudang manfaat.

Hal tersebut dikarenakan kunyit memiliki senyawa kimia yang bernama kurkunim. Senyawa kimia yang berwarna kuning ini mampu membantu proses penyembuhan pada tubuh. Nah, berikut adalah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan :

Kulit Gatal
Dengan mengombinasikan dengan dengan ekstrak lada hitam atau cabe jamu, kunyit dipercaya dapat menyembuhkan kulit yang gatal-gatal akibat alergi cuaca maupun alergi makanan.

Ruam Kulit
Selain dapat menyembuhkan kulit yang gatal, kunyit juga dapat menyembukan ruam kulit atau kulit yang iritasi.

Nyeri Menstruasi
Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi kunyit atau sumplemen yang mengandung senyawa kurkumin dapat mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi. 

Maag 
Mengonsumsi kunyit atau jamu kunir asem dapat membantu mengurangi gejala maag dan perut kembung.

Kanker
Menurut penelitian, senyawa kurkumin dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru. Oleh sebab itu, mengkonsumsi kunyit dapat mengurangi pertumbuhan tumor, penyebaran kanker, serta dapat membantu mematikan sel kanker.
(Witti Dwi Sulistyorini, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan PBSI, Universitas Negeri Yogyakarta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.