Berita Nasional Terpercaya

14 Miliar Disiapkan BPBD DIY untuk Tangani Bencana Hidrometeorologi

0

YOGYA, BERNAS.ID– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan pos anggaran tak terduga sebesar Rp14 miliar untuk menangani dampak bencana hidrometeorologi.

“Dana tak terduga tahun 2020 naik, ada Rp14 miliar, dari tahun 2019 yang sebesar Rp10 miliar,” kata Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana, Selasa (7/1/2020).

Menurut Biwara, dana itu belum mencakup alokasi dana di BPBD kabupaten/kota untuk penanganan dampak bencana.

Dalam kondisi tanggap darurat, menurutnya dana tak terduga itu dapat digunakan untuk penyediaan kebutuhan logistik, evakuasi, hingga pemulihan fasilitas publik yang rusak akibat bencana.

“Kalau masih belum ada kondisi kedaruratan ya kita gunakan dana reguler saja,” sambungnya.

Biwara menambahkan bahwa bencana hidrometeorologiberpotensi terjadi mengingat menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika selama sepekan ini wilayah akan diliputi cuaca ekstrem.

BPBD DIY telah membuka Posko Siaga Bencana yang siap menerima aduan masyarakat selama 24 jam. Di tingkat kabupaten/kota juga didirikan pos pengamatan bencana longsor. Di Kabupaten Bantul misalnya, sudah ada 10 pos pengamatan di kawasan rawan longsor.

“BPBD Gunung Kidul juga mendirikan Destana (Desa Tangguh Bencana) termasuk di wilayah rawan longsor di Kulon Progo,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.