Berita Nasional Terpercaya

Diciduk KPK, Wahyu Mundur dari KPU

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyatakan sidang etik terhadap komisioner KPU Wahyu Setiawan yang terjerat kasus dugaan suap akan tetap berjalan. Wahyu dianggap masih menjadi komisioner meski yang bersangkutan telah mengundurkan diri dari jabatannya.

?Pak Wahyu sudah mengajukan pengunduran diri kepada presiden. Secara administratif kalau presiden belum menerbitkan Surat Keputusan (SK) Pemberhentian, berarti dia masih komisioner. Dia baru mengajukan diri, itu pun berdasarkan informasi yang kita dapat dari media,? kata Pelaksana tugas (Plt) Ketua DKPP Muhammad di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/1/2020).

Karena itulah, Muhammad memastikan sidang etik tetap akan dilakukan karena Wahyu masih menjabat sebagai komisioner KPU saat terjerat kasus dugaan suap oleh KPK.

?Peradilan etik tetap akan berjalan, karena kejadian itu terjadi pada saat dia menjadi komisioner aktif,? jelasnya.

Diberitahunya, sidang etik terhadap Wahyu Setiawan akan digelar Rabu (15/1) besok.

KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka, Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Agustiani Tio Fridelina yang merupakan orang kepercayaan Wahyu yang juga mantan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Harun Masiku sebagai caleg dari PDIP, dan Saeful, pihak swasta. Ketiganya dijerat kasus dugaan suap terkait PAW anggota DPR RI.

Wahyu dan Agustiani ditetapkan sebagai tersangka penerima suap, sedangkan Harun dan Saeful sebagai tersangka pemberi suap.

Pemberian suap terhadap Wahyu diduga untuk membantu Harun dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) caleg DPR terpilih dari Fraksi PDIP yang meninggal dunia, yakni Nazarudin Kiemas pada Maret 2019. Namun dalam pleno KPU, pengganti Nazarudin bukan Harun, melainkan caleg lainnya, Riezky Aprilia.

Wahyu Setiawan diduga menerima uang sebesar Rp600 juta agar dapat memuluskan permintaan Harun Masiku untuk menjadi anggota DPR RI melalui proses PAW.

Duit suap ini diterima Wahyu melalui Agustiani Tio Fridelina. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.