Berita Nasional Terpercaya

Ingin Dengar Masukan Berbagai Pihak, Wantimpres Sambangi UGM

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) menyambangi UGM untuk mendapatkan masukan dari para akademisi untuk disampaikan kepada Presiden. Wantimpres yang terdiri dari 9 anggota disambut langsung oleh Rektor UGM, Panut Mulyono.

Dalam pengantarnya, Wiranto, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden mengatakan mengapa pertama kali memilih UGM untuk disambangi karena faktor sejarah, sebagai universitas yang cukup tua setelah UI dan ITB. “Setelah kemerdekaan, kampus yang dibangun Presiden (UGM-red) ini. Kami ingin mengenalkan diri kami sebagai Wantimpres yang baru,” ujarnya di ruangan multimedia UGM, Selasa 21 Januari 2020.

Dengan berkelakar, Wiranto menyebut, kenapa di Wantimpres anggotanya tua-tua? Ia menjawab karena yang menasehati Presiden itu harus orangtua sehingga bisa memberikan nasihat dan pertimbangan ke Presiden. “Tugas kami itu 'ngelingake', mengingatkan kalau ada kebijakan Presiden yang dinilai baik, tapi kurang baik kepada rakyat. Itu kira-kira tugas kita,” ucapnya.

“Untuk itu kami ingin banyak berbincang-bincang dengan banyak pihak. Kami ingin mendapatkan masukan dari berbagai pihak, seperti universitas atau media, lembaga pemerhati atau lembaga kajian guna menampung informasi sebanyak-banyaknya,” imbuhnya.

Mantan menkopolhukam ini pun meyakini kebijakan itu lahir dari opini publik dan kepentingan publik diserap oleh para legislatif. “Untuk itu, tugas kami ini tidak ringan karena memberikan kepada presiden sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara yang tugasnya sangat beragam dan berat,” katanya.

Sedangkan, Rektor UGM, Panut Mulyono menyampaikan bahwa pihak UGM telah membuat buku putih yang berisi pemikiran dari para pakar dan fakultas yang komprehensif. Buku putih ini berisi 8 bidang, antara lain berisi mewujudkan pembangunan nasional berbasis indikasi bencana dan UMKM berdaya saing global, membangun Indonesia dari daerah.

Rektor Panut pun menawarkan buku putih secara terbuka kepada tim Wantimpres. “Buku ini silakan digunakan apabila ada hal-hal yang relevan,” tutupnya.

Adapun daftar nama sembilan anggota Wantimpres periode 2019-2024 adalah:

1. Wiranto

2. Agung Laksono (Politikus Golkar)

3. Arifin Panigoro (Pengusaha/Pendiri Medco Group)

4. Soekarwo (Eks Gubernur Jatim/Mantan politikus Demokrat/Komisaris Utama PT Semen Indonesia)

5. Sidarto Danusubroto (Politikus PDIP)

6. Mardiono Bakar (Politikus PPP)

7. Dato Sri Tahir (Pengusaha/Pendiri Mayapada Group)

8. Putri Kuswinu Wardani (Pengusaha/Komisaris Utama PT Mustika Ratu)

9. Habib Lutfi bin Yahya (Ulama/Rais ?Aam Idaroh Aliyah Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah). (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.