Berita Nasional Terpercaya

Jogja Agro Techno Park Diharapkan Jadi Tempat Wisata Unggulan Baru

0

YOGYA, BERNAS.ID – Beberapa hari lalu, Komisi B DPRD DIY mengunjungi objek wisata baru di DIY, yakni Jogja Agro Techno Park di Kemiri, Wijimulyo, Kulon Progo. Para anggota dewan ingin agar tempat tersebut bisa menjadi ikon eduwisata baru di DIY.

Ketua Komisi B DPRD DIY Danang Wahyu Broto menjelaskan, kawasan itu sangat edukatif, di mana wisatawan bisa belajar tentang pertanian, dan manajemen pertanian. Varietas tanaman unggulan, serta ternak seperti sapi, kambing, dan ikan menurutnya adalah sesuatu yang menarik untuk dipelajari di sana.

“Kami dari komisi support itu, apabila varietas di sana perlu ditambah, akan disupport melalui Dinas Pertanian,” ujarnya Kamis (23/1/2020).

Anggota Komisi B Dwi Wahyu Budiantoro menambahkan, adanya berbagai fasilitas di Jogja Agro Techno Park seperti peternakan, perkebunan, dan tempat pelatihan tujuan akhirnya adalah ketahanan pangan, tidak hanya pariwisata. Karena patut diakui lahan pangan di DIY lama kelamaan semakin berkurang.

“Sementara ini masih dikelola dinas, tapi ke depan ada skema untuk dikelola oleh badan usaha,” ujarnya.

Ia menambahkan, dana keistimewaan (Danais) bisa dipakai untuk pengembangan kawasan ini. Sebab pertanian menurutnya adalah bagian dari kebudayaan.

“Yang perlu diperhatikan adalah pengelolaannya, yang harus dilakukan bekerjasama dengan perguruan tinggi, agar bisa menjadi pusat pembelajaran yang optimal,” sambungnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.