Berita Nasional Terpercaya

Dinas Kebakaran Yogyakarta Usulkan Penambahan 2 Posko Baru

0

YOGYA, BERNAS.ID– Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta mengusulkan penambahan dua posko penanggulangan kebakaran baru. Ini untuk memenuhi target waktu respons penanganan kebakaran guna meminimalkan korban dan kerugian akibat kebakaran.

“Saat ini baru ada dua posko penanggulangan kebakaran sehingga jumlahnya belum sesuai kondisi ideal. Seharusnya, posko ada di tiap sisi di Kota Yogyakarta, yaitu di sisi utara, selatan, timur, dan barat,? kata Kepala Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta Nur Hidayat, Senin (3/2/2020).

Saat ini baru ada dua posko penanggulangan kebakaran, satu di kompleks Balaikota Yogyakarta yang ada di bagian timur Yogyakarta dan satu posko di Jalan Kyai Mojo di bagian barat Kota Yogyakarta.

Nur mengatakan bahwa dinas akan mengusulkan penambahan dua posko penanggulangan kebakaran, satu di Pasar Seni dan Kerajinan Yogyakarta XT-Square untuk mendukung penanganan kebakaran di bagian timur dan satu di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy) untuk mendukung penanganankebakaran di Yogyakarta bagian selatan.

Keberadaan posko tersebut, menurut Nur, diharapkan dapat mendukung pemenuhan target waktu respons penanganan kebakaran 15 menit dan jarak antar posko tidak lebih dari 7,5 kilometer.

?Kami masih dalam tahap usulan. Mudah-mudahan bisa diterima, karena mencari lokasi yang ideal juga tidak mudah,? kata Nur.

Menurut Nur, lokasi posko yang  diharapkan terealisasi tahun depan itu harus memenuhi sejumlah persyaratan, antara lain lahannya merupakan aset milik Pemerintah Kota Yogyakarta.

?Kami pun masih memetakan sejumlah lokasi lain yang dimungkinkan bisa dimanfaatkan sebagai lokasi alternatif untuk posko penanganan kebakaran dan jaraknya ideal,? tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.