Berita Nasional Terpercaya

Mahasiswa KKN UAD di Semanu Adakan Pelatihan Pembuatan Makanan Pengganti ASI

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di suatu tempat menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Tak terkecuali mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

“Setidaknya, mereka dituntut untuk menjadi inspirator, mengembangkan dunia pendidikan, ekonomi, dan memotivasi masyarakat agar lebih maju,” kata Sudaryanto selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya
 
Berkaitan hal itu, mahasiswa KKN UAD Unit V.C.1, V.C.2 dan V.C.3 mengadakan pelatihan pembuatan makanan pengganti ASI (MPASI) di balai padukuhan Panggul Kulon, Panggul Tengah dan Panggul Wetan, Semanu, Gunungkidul.

Pelatihan itu, bagi Ny Ani warga padukuhan Panggul Kulon, sangat bermanfaat. “Karena bisa menambah pengetahuan ibu-ibu mengenai pembuatan makanan pendamping ASI dengan bahan yang bermacam-macam,” kata Ny Ani.

Di sisi lain, seperti dikatakan Ny Jirah dari Panggul Tengah, kegiatan itu bisa memotivasi ibu-ibu untuk lebih kreatif dalam membuat makanan pengganti ASI. “Bahan yang digunakan mudah didapat karena menggunakan bayam dan jagung,” ujarnya.

Dikatakan Ny Dera, pelatihan yang disampaikan mahasiswa KKN UAD Yogyakarta itu sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang mempunyai anak balita yang lebih bervariasi.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Selain itu, seperti diungkapkan Ny Kusmini, bahan dan pembuatan makanan pengganti ASI sangatlah mudah. “Sangat membantu ibu-ibu,” tandasnya.

Disampaikan Sudaryanto, KKN merupakan salah satu upaya memperkenalkan UAD Yogyakarta kepada masyarakat. “Sekaligus memperdayakan masyarakat dan mahasiswa dituntut untuk mengaplikasikan ilmunya selama di UAD,” kata Sudaryanto, yang berharap mahasiswa bimbingannya bisa membuat program-program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut Sudaryanto, KKN UAD telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Banyak daerah yang meminta ditempati dan hal ini mengindikasikan program-program KKN UAD sangat bermanfaat karena bisa memberdayakan masyarakat,” ungkap Sudaryanto, Jum’at (14/2/2020).

“Kami berharap mahasiswa bisa melanjutkan program KKN sebelumnya untuk menjadi inspirator agar maju dan sejahtera,” pungkas Sudaryanto. (fan)

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.