Berita Nasional Terpercaya

Merapi Erupsi Selama 450 Detik dengan Tinggi Kolom Awan Panas 6 Kilometer

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kembali mengeluarkan informasi terkait Gunung Merapi yang mengeluarkan awan panas letusan. Terpantau kolom awan panas vertikal setinggi kurang lebih 6000 meter dari puncak dengan arah angin ke utara.

Erupsi berdasarkan pengamatan yang dilakukan petugas BPPTKG pada hari Selasa, 3 Maret 2020 pukul 05.22 WIB. “Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 450 detik. Teramati tinggi kolom erupsi ±6.000 meter. Arah angin ke utara dengan luncuran awan panas sejauh 2 kilometer ke Sungai Gendol,” tulis petugas BPPTKG dilansir dari akun Twitter @BPPTKG.

BPPTKG pun mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi. “Rekomendasi jarak bahaya 3 kilometer dari puncak. Di luar radius tersebut masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa.Masyarakat diimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik. Status waspada sejak 21 Mei 2018,” tulis petugas BPPTKG dilansir dari akun Twitter @BPPTKG.

Sedangkan, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan angin berhembus ke arah utara ke Boyolali, sedangkan situasi Sleman masih aman terkendali dan aktivitas warga seperti biasa. “Pantauan abu vulkanik, lebih banyak jatuh di sisi utara. Abu halus jatuh di Boyolali,” ujarnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.