Berita Nasional Terpercaya

Sering Kehujanan, Begini Tips Lawan Penyakit Musim Hujan

0

BERNAS.ID – Berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Indonesia masih terus diguyur hujan. Hujan yang terus menerus mengguyur baik dari sore hingga malam, maupun dari pagi hingga malam hari.

Cuaca dingin akan mudah mengembangkan penyakit apalagi tubuh yang sering kehujanan akan mudah jatuh sakit. Penyakit seperti batuk, pilek, demam, kulit gatal-gatal hingga diare sudah jadi penyakit langganan saat musim hujan berlangsung. Sudah saatnya menerapkan tips sederhana yang dihimpun Bernas.id untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jaga kebersihan tubuh

Segera mandi dan keramas dengan air hangat jika kehujanan. Air hangat akan membantu meningkatkan suhu tubuh setelah kedinginan akibat terkena air hujan. Mandi menjadi salah satu cara menyingkirkan kuman, bakteri, debu maupun kotoran yang menempel di badan. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air bersih ketika masuk rumah dari bepergian.

Jaga kehangatan tubuh

Saat kedinginan, pakailah pakaian berlengan panjang dan tebal untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Tak hanya badan saja, kaki juga perlu dihangatkan dengan menggunakan kaus kaki. Kadang kala, tidurpun harus menggunakan lebih dari satu selimut.

Bawalah payung dan jas hujan

Kalau sudah tahu sedang musim hujan, jangan sampai kelupaan membawa payung ataupun jas hujan. Kedua benda ini wajib dibawa kemana saja karena akan melindungi tubuh dari hujan. Apalagi sekarang cuaca sering berubah-ubah, seperti pagi hari cerah tetapi pada sore hari tiba-tiba hujan deras. Terjebak hujan hingga larut malam justru akan membuang waktu. Selalu gunakan alas kaki saat hendak keluar dari rumah.

Penuhi cairan tubuh

Saat kedinginan di musim hujan memang jarang merasa haus, tetapi minum air putih secara rutin akan membantu menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Minumlah air putih secara rutin meski tidak terasa haus. Minum teh hangat, jahe, ataupun susu setelah kehujanan atau ketika di luar sedang hujan akan menghangatkan tubuh. 

Makanan bergizi

Lindungi tubuh dari serangan bakteri, kuman, maupun virus dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan berserat tinggi. Santaplah sayuran seperti brokoli, sawi, bayam, kelor. Tak lupa penuhi asupan protein yang bersumber dari telur, ikan, daging ayam, daging sapi. Buah-buah segar juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh saat musim hujan. 

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan untuk menghadapi musim hujan. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.