Berita Nasional Terpercaya

8 Maret Diperingati Sebagai #InternationalWomensDay, Selamat Merayakan!

0

BERNAS.ID – Hari Perempuan Internasional atau International Women?s Day diperingati setiap tanggal 8 Maret. Perayaan International Women?s Day ini bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengapa peringatan ini penting.

Hari Perempuan Sedunia ini merupakan perayaan terkait pencapaian perempuan secara global dan seruan untuk kesetaraan gender. Perayaan ini dimulai di Amerika Serikat oleh sosialis untuk menghormati demonstrasi para buruh pabrik tekstil tepatnya di New York. Para buruh perempuan memprotes kondisi kerja sepertit penindasan dan gaji rendah pada tahun 1857. Unjuk rasa itu dibubarkan secara paksa oleh kepolisian Pada tanggal 8 Maret 1907, International Women?s Day ditetapkan sebagai peringatan terhadap kasus yang terjadi 50 tahun lalu.

Selanjutnya pendukung sosialis bertemu di Copenhagen tahun 1910 dan menetapkan Hari Perempuan untuk menghormati gerakan hak-hak perempuan. Selain itu juga mendorong perempuan bisa ikut pemilu. Di tahun berikutnya, pertemuan ini dilanjutkan pertemuan perempuan dari berbagai negara.

Kemudian, Hari Perempuan pertama kalinya diperingati pada 19 Maret 1911 di Austria, Swiss, Denmark, dan Jerman. Tanggal itu dipilih sebagai penghormatan saat raja Prusia berjanji untuk memberikan suara bagi para wanita pada tahun 1848. Namun, Hari Perempuan Internasional pun kemudian dipindahkan lagi menjadi tanggal 8 Maret pada tahun 1913.

Pantauan Bernas.Id, Minggu (8/3/2020), tanda pagar #InternationalWomensDay menduduki Trending Topic Twitter. Pengguna Twitter membagi pesan-pesan tentang perempuan.

?perempuan bukan komoditas, dihargai bukan dengan nominal. Panjang umur hal-hal baik. #InternationalWomensDay,? cuit pemilik akun Twitter bernama Riska

?Tahun ganti tahun arti cantik semakin bergeser ke arah yg lebih sepatutnya, pelan-pelan realitas menuntun kita utk meninggalkan kata harus putih, harus langsing, harus tinggi. Terima kasih, kepada seluruh puan yang telah berjuang. Selamat hari perempuanKartu hati #InternationalWomensDay,? cuit pemilik akun Twitter Samantul.

Ada pula cuitan dari laki-laki sebagai salah satu cara menghormati perempuan.

?Seorang pria tidak akan pernah menyakiti wanita jika ia mengetahui arti dari wanita. Meski mereka ditakdirkan sebagai pendamping dan terkadang dipandang lemah, tapi derajat mereka 3 tingkat diatas pria. Ingat tanpa adanya wanita kau tidak akan pernah ada. #InternationalWomensDay,? tulis @ismandiansyah.

Google Doodle turut merayakan International Women?s Day 2020 dengan gambar perempuan yang beragam profesi. Menurut Anda, bagaimana peran perempuan saat ini? (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.