Berita Nasional Terpercaya

Tarian Spesial Karya Sultan HB I Dihadirkan di Simposium lnternasional Keraton Jogja

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Dalam rangka memeringati Ulang Tahun Kenaikan Takhta ke-31 Sri Sultan Hamengku Buwono X yang jatuh pada Sabtu (7/3), Keraton Yogyakarta menggelar Simposium lnternasional Budaya Jawa bertajuk “Busana dan Peradaban di Keraton Yogyakarta” di The Kasultanan Ballroom Royal Ambarrukmo Yogyakarta, sebagai official venue agenda Simposium Internasional Budaya Jawa pada Senin (9/3) hingga Selasa (10/3).

GKR Hayu selalu ketua panitia menjelaskan, agenda simposium internasional ini  menghadirkan pembicara tamu dari dalam dan luar negeri. Selain itu juga terdapat pembicara dari call for paper terpilih yang diikuti oleh akademisi, peneliti atau peminat budaya Jawa dari segala penjuru nusantara dan mancanegara.

“Setelah dibuka selama satu bulan, telah dipilih 8 pembicara dari total 108 pendaftar. Terdapat empat topik utama yang dibahas pada gelaran simposium yakni sejarah, filologi, seni pertunjukan, dan sosial budaya,” jelasnya.

Gelaran simposium ini sendiri dibuka oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan diisi dengan Tari Beksan Lawung Ringgit persembahan KHP Kridhomardowo Keraton Yogyakarta. Beksan ini merupakan salah satu tarian karya Sri Sultan Hamengku Buwono I dimana naskahnya yang berbentuk Serat Kandha baru saja kembali dari Inggris ke Keraton Yogyakarta, setelah peristiwa Geger Sepehi.

Keunikan dari Beksan ini sendiri adalah memadukan lawung (tombak) sebagai properti dan jalan ceritanya (Iampahan) seperti halnya dalam ringgit (wayang). Pada gelaran simposium ini, Lawung Ringgit yang ditampilkan merupakan versi jugag (pendek) daripada yang sepenuhnya.

Selain agenda simposium, rangkaian peringatan ulang tahun kenaikan takhta sendiri juga dimeriahkan dengan Pameran Budaya Jawa ?ABALAKUSWA? yang telah dibuka sejak 8 Maret hingga 4 April 2020 di Bangsal Pagelaran Keraton dengan tiket masuk sebesar Rp 5,000. Pameran dapat dikunjungi dengan jam operasional Senin-Kamis pukul 09.00-16.00 WIB serta Jumat-Minggu pukul 09.00-21.00 WIB.

Guna menyemarakkan Tingalan Jumenengan Dalem yang berlangsung selama kurang lebih satu bulan, KHP Kridhomardowo juga akan mementaskan beberapa karya tari adiluhung dari Keraton Yogyakarta yang terbuka untuk masyarakat umum, diantaranya: Beksan Trunajaya pada acara Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem, Rabu (25/3) malam di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran (terbuka untuk umum); dan Wayang Wong Purwo pada penutupan pameran, Sabtu (4/4) malam di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran (terbuka untuk umum).

Di samping itu, peringatan Ulang Tahun Kenaikan Takhta Sri Sultan Hamengku Buwono X sesuai kalender Jawa, akan jatuh pada tanggal 29 Rejeb Wawu 1953 atau Selasa Wage, 24 Maret 2020. Menurut perhitungan Kalender Jawa, tahun ini adalah peringatan 32 tahun Kenaikan Takhta Sri Sultan Hamengku Buwono X. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.