Berita Nasional Terpercaya

5 Cara Kreatif Dapat Uang dari Hobi Nulis

0

Bernas.id – Banyak orang berpikir untuk mendapatkan uang dari menulis adalah harus menjadi penulis terkenal dulu. Mempunyai banyak judul buku, mendapatkan royalti seperti J.K Rowling, Raditya Dika, atau Dee Lestari barulah dikatakan menghasilkan uang dari menulis. Jika kamu masih berpikiran demikian, ada baiknya kamu mengubah cara berpikirmu.

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

Hobi menulis bisa dipakai untuk menghasilkan uang sejak sekarang. Apakah kamu termasuk orang yang hobi menulis? Berikut ada 5 cara menghasilkan uang dari menulis yang dirangkum oleh bernas.id, Selasa (10/3/2020).

1. Menjadi Penulis Freelance

Penulis freelance bisa membuatmu mendapat penghasilan dari menulis. Kamu bisa mendapatkan job menulis tersebut dari berbagai situs penulis freelance atau ghost writer yang banyak tersebar di dunia maya.

Pekerjaan menulis bisa kamu kerjakan di mana saja dan kapan saja. Jika kamu sudah memiliki satu pekerjaan, penulis freelance ini bisa kamu jadikan pekerjaan sampingan.

Beberapa jenis penulisan yang bisa kamu lakukan adalah penulisan artikel, postingan blog, review produk, atau copywriting. Kamu akan dibayar untuk setiap tulisan yang kamu buat dengan harga yang telah disepakati bersama.

Dalam pengerjaan proyek menulis kamu akan diberikan kriteria tertentu untuk penulisan. Syarat atau kriteria ini dapat berupa panjangnya tulisan, kata kunci, tema, dan lama waktu penyelesaian tulisan.

Baca juga: Interpretasi : Pengertian , Tujuan, dan Macam-macamnya

2. Menulis Koran dan Majalah Berbayar

Sejak dulu jenis pekerjaan ini sudah ada. Beberapa koran dan majalah masih membutuhkan penulis lepas untuk mengisi kolomnya. Misal, cerpen, puisi, opini, atau cerita bersambung.

Mahasiswa yang kuliah jurusan sastra kerap menjadikan pekerjaan ini sebagai sampingan sekaligus menjalankan hobi nulisnya.

Agar tulisan yang kamu kirimkan diterima oleh redaksi, ada baiknya kamu memperlajari dulu standar atau tipe tulisan seperti apa yang memenuhi syarat media tersebut. Lakukan pengamatan dengan membaca kemudian amati, tiru, dan modifikasi.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap
 

3. Membuat Blog Afiliasi

Senang menulis blog? Kamu bisa menghasilkan uang dari situ lho. Salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan membuat blog afiliasi.

Misalnya, kamu menulis review sebuah produk kemudian sertakan link pembelian produk tersebut.

Jika ada pembaca yang melakukan pembelian lewat link dalam blog kamu tadi maka kamu akan mendapatkan keuntungan. Pastikan produk yang kamu pasarkan sesuai dengan niche blog yang kamu tulis.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

4. Membuat Ebook

Bagi pecinta buku, kehadiran ebook merupakan angin segar di era digital seperti ini. Orang-orang terutama kaum milenial yang tidak bisa lepas dari gadget nya bisa teta membaca buku tanpa lepas dari gadgetnya. Solusinya adalah dengan e-book.

Sepertin namanya e-book, electronic book atau buku elektronik yang artinya buku tersebut tidak dicetak hanya dipasarkan dalam bentuk file.

Tulisan dalam bentuk e-book ini banyak macamnya, bisa tentang hobi, inspirasi, tutorial, bahkan cerita fiksi seperti cerpen dan novel. E-book mudah diproduksi kaena tidak memerlukan biaya untuk percetakan.

E-book bisa kamu jual secara pribadi di website atau sosial media pribadi kamu.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Ciri-ciri Komik sebagai Karya Sastra

5. Menulis Artikel Di Website Berbayar

Beberapa website membutuhkan konten atau tulisan dan akan membayar artikel yang kamu posting di website tersebut tentu dengan kriteria dan syarat yang sudah ditentukan.  Kamu dapat menulis berbagai topik dan tulisanmu akan dibayar oleh pemilik website. Pelajari saja topik atau jenis tulisan apa yang dibutuhkan sebuah website kemudian mulai menulis.

Baca juga: Cara Mudah Menulis Artikel dengan Baik dan Benar

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.