Berita Nasional Terpercaya

#HariKopiNasional, Ini Biji Kopi Indonesia yang Mendunia

0

BERNAS.ID – Indonesia termasuk negara produsen kopi dengan kualitas yang tak kalah baiknya dengan negara-negara lain. Indonesia memiliki beragam jenis kopi di berbagai daerah, dari ujung barat sampai ujung timur. Pencinta kopi wajib tahu, kalau tanggal 11 Maret diperingati sebagai Hari Kopi Nasional.

Hari Kopi Nasional ditetapkan oleh Andi Amran Sulaiman tahun 2018 yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pertanian. Penetapan tersebut berbarengan dengan Pengukuhan Dewan Kopi Nasional di Serpong, Tangerang. Biji kopi Indonesia makin dikenal hingga ke berbagai negara karena jenisnya yang beragam dan kualitasnya bagus. Selain rempah-rempah, kopi merupakan salah satu varian favorit untuk dapat dijadikan komoditas favorit nomor 1 di dunia.

Menurut Organisasi Kopi Internasional (ICO), Indonesia merupakan produsen keempat terbesar di dunia dari segi hasil produksi setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Setidaknya tercatat 12 juta karung kopi per tahunnya. Ada kopi asal Indonesia yang dikenal dunia, kopi Aceh Gayo merupakan jenis kopi arabika yang tumbuhnya di ketinggian sekitar 1.000-1.200 mdpl. Gayo sudah masuk sebagai daerah komoditas kopi internasional.

Kopi Toraja Sulawesi rupanya jadi favorit di Eropa. Kopi di Toraja ada jenis, yakni robusta dan arabika. Kopi Toraja memiliki rasa cenderung pahit dengan tingkat keasaman rendah. Kopi Kintamani Bali juga tak kalah menarik. Kopi ini ditanam di daerah Gunung Batur dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Rasanya tak terlalu pahit tetapi memiliki rasa cenderung fruity atau segar.

Tren minuman kopi kekinian membawa dampak positif bagi industri kopi mulai dari biji kopi, proses roasting kopi, hingga penjualannya di kedai-kedai kopi. Bicara tentang kopi memang tak ada habisnya, banyaknya kedai kopi makin memanjakan lidah penikmat kopi. Apa kopi kesukaanmu?

Pantauan Bernas.Id di Twitter, Rabu (11/3/2020), netizen mulai meramaikan #HariKopiNasional. Ada yang menyampaikan harapan untuk para petani kopi di Indonesia.

?Selamat Hari Kopi Nasional, 11 Maret 2020. Semoga Petani Kopi semakin jaya dan sejahtera #HariKopiNasional,? tulis @OrangGayo

?selamat hari kopi nasional. Sejahteralah para petani kopi yg sesungguhnya,? ungkap @kanuhate

?Selamat hari Kopi Nasional 11 Maret. Pagi ini nyeduh Kopi Arabica Gayo Aceh dengan metode Frenchpress. Dulur-dulur sudah ngopi?,? cuit Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Agus Wibowo lewat akun Twitternya @aw3126. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.