Berita Nasional Terpercaya

Pengaplikasian QRIS BI Yogyakarta Raih Rekor MURI

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Kantor Wilayah (Kanwil) Bank Indonesia (BI) Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan puncak Pekan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Nasional di Museum Gunung Merapi, Sleman, Sabtu 14 Maret 2020.

Dalam kesempatan ini, Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) juga menganugerahkan penghargaan kepada Kanwil BI Yogyakarta karena berhasil mengaplikasikan QRIS di 16.157 merchant di DIY selama 2 bulan. Selain juga dilakukan penandatanganan Tim Perluasan Percepatan Digitalisasi Daerah (TP2DD) oleh Kepala BI Yogyakarta, Bupati Sleman, dan Sekretaris Daerah Pemda DIY.

Kepala Kantor BI Yogyakarta, Hilman Tisnawan mengatakan QRIS merupakan bagian dari visi BI dalam sistem pembayaran tahun 2025. “Peranan teknologi digital menjadi suatu keniscayaan karena mulai dari usia anak kecil dan kakek sudah mengenal smartphone. Kita harus memanfaatkan keunggulan teknologi itu,” ujarnya saat memberikan sambutan.

“QRIS memiliki berbagai keunggulan, sangat efisien, satu bisa digunakan untuk semua. Yang paling penting, QRIS ini menjadikan seluruh transaksi dan datanya ada di dalam negeri.Kita menjadi sebuah bangsa yang memiliki dignity,” imbuhnya.

Menurut Hilman, QRIS tidak hanya untuk sekedar membangun keuangan inklusi seperti menambah jumlah rekening, tapi memiliki tujuan membangun transformasi bisnis digital yang akan mempengaruhi bisnis model, behavior, dan mendigitalisasi tempat-tempat. “Penggunaannya perlu diakselerasi sebab semua bisa menggunakan dan mudah digunakan,” katanya.

Sedangkan, Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan digitalisasi tidak dapat dipungkiri karena kita tetap harus bersinergi dengan perkembangan digital guna memajukan ekonomi daerah. “Pemda Sleman sudah melakukan sejumlah upaya antara lain memperluas kanal pembayaran digital untuk pajak PBB dan retribusi,” katanya.

“Semuanya dalam rangka untuk sinergi dan integrasi agar bisa melakukan pembayaran nontunai. Kita akan berupaya untuk melaksanakan semaksimal mungkin untuk memperlancar pembayaran digital,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji berharap dengan ditingkatkannya sinergi antara perwakilan bank Indonesia dan OJK di Yogyakarta melalui QRIS ini akan menjadikan dari yang sudah baik menjadi lebih baik. “Sinergi lintas sektor akan meningkatkan kualitas pembangunan Yogyakarta. Penggunaannya mudah, tinggal scan QR Code QRIS. Selain itu, aman untuk transaksi tanpa menggunakan uang tunai,” tuturnya.

Ia pun mewakili Pemerintah DIY menyambut baik dan mengapresiasi launching QRIS untuk membangun sinergi antara institusi dan melipatgandakan energi dalam rangka edukasi digitalisasi pembayaran secara elektronik. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.