Berita Nasional Terpercaya

Menurunnya Turis Akibat COVID-19, Ini Kata Pengelola Candi Borobudur

0

BERNAS.ID – Pandemi virus corona berdampak besar terhadap pariwisata di berbagai daerah termasuk wisata Candi Borobudur dan Prambanan. PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) menerapkan protokol untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) di kalangan wisatawan. Hal ini dilakukan setelah penjelasan dari dokter kepada internal TWC.

“Kami akhirnya membuat standard operational procedure (SOP) untuk pencegahan,” ungkap Direktur Utama PT TWC, Edi Setijono.

Langkah-langkah yang telah dilakukan antara lain pemasangan banner berisi informasi pencegahan dan bahaya virus corona, pengukuran suhu tubuh wisatawan, pengumuman seputar COVID-19 dari radio TWC, dan siaga ambulans selama objek wisata beroperasi.

Tak bisa dipungkiri, dampak yang sangat dirasakan PT TWC adalah penurunan jumlah wisatawan di Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko sejak kabar meluasnya virus corona. Disampaikan Edi, penurunan jumlah wisatawan mencapai 40,8 persen dari target kunjungan wisatawan. Saat ini memang tak bisa berharap banyak pada wisawatan mancanegara mengingat ada pembatasan penerbangan di berbagai negara termasuk Indonesia terkait pandemi COVID-19.

Pihaknya mengaku tetap optimis karena masih ada wisatawan domestik yang berkunjung ke candi yang pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia itu. Apalagi Pemerintah Indonesia telah menambahkan hari libur dan cuti bersama nasional masih ada harapan wisatawan domestik bisa berkunjung ke candi di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.