Berita Nasional Terpercaya

Cegah Covid-19, Sadari dan Pahami Social Distancing Dimulai dari Diri Sendiri

0

BERNAS.ID – Penyebaran virus corona begitu cepat ditular dari manusia ke manusia. Jika masih banyak orang sering berkumpul maka ada potensi tinggi mudah terinfeksi bersamaan. Dampaknya sistem pelayanan rumah sakit akan kewalahan dengan lonjakan jumlah pasien terinfeksi virus corona.

Pemerintah Indonesia tidak memberlakukan lockdown melainkan menerapkan social distancing. Seluruh masyarakat diimbau untuk mengurangi mobilitas selama 14 hari terhitung sejak 16 Maret 2020. langkah ini diharapkan bisa meminimalisir potensi penyebaran virus corona (Covid-19). Pahami tentang social distancing atau jarak sosial sebagai langkah sederhana untuk menjaga kesehatan bersama. Belajar di rumah, bekerja dari rumah, beribadah di rumah, dan karantina diri sendiri. Apa saja yang bisa dilakukan?

Pembatalan acara publik dan aktivitas belajar

Pemerintah, instansi, siapa saja diminta untuk membatalkan acara yang melibatkan banyak orang termasuk seperti pagelaran seni, rapat, reuni, arisan. Hindari kegiatan massal. Aktivitas belajar di sekolah sudah diliburkan supaya para pelajar bisa belajar di rumah. 

Menjauhi keramaian

Jauhilah keramainan di mana banyak orang berkumpul. Hindari tempat umum seperti pusat perbelanjaan, mall, bioskop, kafe, rumah sakit. Sebisa mungkin gunakan alat transportasi pribadi dan menghindari keramaian transportasi umum.

Jaga jarak saat berdiri

Hindari kontak langsung dengan orang lain seperti bersalaman, bersentuhan, bahkan berdiri atau duduk berdekatan. Jaga jarak saat berbicara supaya menghindari persebaran virus terutama cipratan air liur. Jaga jarak saat duduk di ruang kerja ataupun di ruang publik.

Hindari ruang berAC dan lembap

Hindari berada di ruang tertutup seperti ruang berAC, gelap dan lembap. Karena ruangan ini sangat disukai bakteri, virus, ataupun kuman. Kalau ada satu orang yang terinfeksi virus corona, ruangan berAC adalah media yang gampang untuk menyebarkan penyakit.

Terapkan hidup sehat

Usahakan berjemur sinar matahari saat pagi hari, berolahraga, mengonsumsi makanan dan minuman bergizi supaya memiliki sistem daya tahan tubuh yang kuat. Cara ini bisa meminimalisir paparan virus corona. Rajinlah cuci tangan dengan sabun sampai bersih setelah memegang benda, beraktivitas di luar, bertemu dengan orang lain, dan sebelum makan. Kalau masih kerja, bawa bekal sendiri supaya lebih aman.

Kita perlu memberikan jarak sosial “social distancing” untuk memperlambat persebaran virus corona atau memutuskan rantai persebaran virus kepada orang lain. Keputusan mengisolasi diri dan berusaha diam di rumah bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.