Berita Nasional Terpercaya

Pariwisata Kena Imbas Covid-19, Wishnutama Ingatkan Utamakan Social Distancing

0

BERNAS.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memprioritaskan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat dari wabah virus corona (Covid-19). Pihaknya meminta masyarakat melakukan social distancing demi mencegah penyebaran virus corona dan mengurangi risiko bertambahnya pasien positif corona.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian jika tidak diperlukan, kecuali untuk keperluan mendesak, melakukan social distancing, menerapkan higienitas, dan gaya hidup sehat,” ungkap Wishnutama seperti dikutip siaran pers Kemenparekraf, Selasa (17/3/2020).

Kemenparekraf terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait mengenai penyebaran virus corona yang telah dinyatakan sebagai pandemi global oleh WHO. Tak bisa dipungkiri, pariwisata di Indonesia kena imbas dari meluasnya penyebaran virus corona. Apalagi, sejumlah pemerintah daerah mengambil kebijakan untuk menutup sementara destinasi wisata demi mengurangi potensi penyebaran Covid-19. Pemerintah membuat kebijakan yang bisa menopang industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Selain itu, ia berharap langkah-langkah antisipatif bisa diambil oleh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya.

?Untuk sementara agar bisa membatasi kegiatan-kegiatan seperti promosi pariwisata dan ekonomi kreatif, juga mengimbau para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif tidak menyelenggarakan Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran (MICE) hingga wabah pandemi COVID-19 berlalu sesuai instruksi dari pemerintah,? ungkap Wishnutama.

Menparekraf juga mengapresiasi langkah pemerintah daerah dan industri yang memutuskan untuk menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang. Bahkan, ada pula destinasi wisata yang ditutup sementara waktu sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Ia menambahkan kalaupun operasional di lokasi wisata masih berjalan, pihaknya berpesan supaya memperhatikan waktu operasional, pengunjung, dilakukan pengecekan kesehatan pengunjung.

Wishnutama meminta supaya ada sarana cuci tangan, sabun antiseptik, tisu atau masker, pengukur suhu tubuh. Industri pariwisata tetap harus memantaua kesehatan lingkungan serta karyawannya. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.