Berita Nasional Terpercaya

Antisipasi Corona, Pelaku Wisata Jogja Reresik Objek Wisata

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID-Bentuk tindaklanjut arahan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, sejumlah pelaku wisata secara serentak melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan di destinasi wisata DIY. Hal tersebut dilakukan untuk antisipasi penyebaran virus Corona di objek wisata.

Obyek-obyek wisata tersebut di antaranya Tebing Breksi, Penting Sari, Kampung Flory, Blue Lagoon, Taman Candi Kedulan, Kawasan Candi Banyunibo, Tebing Banyunibo, Pinussari, Seribu Batu, Lintang Sewu, Pinus Pengger, Becici, Pinus Asri, Telaga Jonge, Ngingrong, Nglanggeran, Nglinggo, dan Dewa Wisata Segaji. 

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan upaya bersih-bersih yang dilakukan para pelaku wisata tersebut sebagai salah satu wujud kepedulian pelaku wisata terhadap bencana nonalam virus Corona (Covid-19) di Indonesia. ?Saya melihat inisiatif yang dilakukan para pelaku wisata ini merupakan wujud konkrit untuk mendukung Pemda DIY dalam melawan Covid-19,? jelasnya.

Singgah mewakili jajaran Dinas Pariwisata sangat mengapresiasi kesadaran dan keikhlasan para pelaku wisata untuk ikut berperan serta mendukung pemerintah untuk menghadirkan wisata yang bersih, sehat dan aman.

Lebih lanjut, Singgih menyampaikan, kegiatan bersih lingkungan ini murni diinisiasi oleh para pelaku wisata sebagai implementasi dari komitmen dan kemandirian para pelaku wisata untuk mewujudkan Sapta Pesona Wisata DIY.

Singgih pun berharap pesona wisata akan terangkat. ?Ini adalah bentuk guyub dan komitmen mereka. Saya berharap bisa menular ke sektor yang lain, tak hanya wisata saja. Kalo sektor lain juga melakukan hal yang sama, maka seluruh DIY akan bersih dan  tentu bisa mengurangi Virus Covid19,? jelasnya.

Singgih menegaskan Dinas Pariwisata DIY siap mendukung penuh kegiatan bersih lingkungan wisata ini karena objek wisata merupakan aset milik DIY yang sangat berharga sehingga pemeliharaan.destinasi wisata menjadi tanggung jawab semua pihak.

Sedangkan, pengelola wisata Nglanggeran, Aris Budiyono, mengungkapkan acara ?Reresik Wisata Jogja? ini akan di gelar mulai Selasa (17/3) hingga Sabtu (21/3) di beberapa obyek wisata wilaya DIY. Ia menyebut kegiatan bersih-bersih ini diprakarsai oleh 17 pelaku wisata di wilayah DIY.

Melalui kegiatan ini, Aris berharap seluruh elemen masyarakat wisata, baik desa wisata, kelompok sadar wisata, kampung wisata, dan kuliner wisata mau dan mampu melakukan upaya bersih lingkungan secara serentak. ?Kita akan menyasar pada fasilitas yang sering tersentuh tangan dengan memaksimalkan cairan pembersih. Selain itu destinasi wista wajib menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang dilengkapi dengan tissue dan tempat sampah tertutup pada akses masuk obyek wisata,? tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.