Berita Nasional Terpercaya

6 Aplikasi Efektif Untuk Bekerja dari Rumah Karena Virus Corona

0

 

BERNAS.ID – Untuk menghambat penyebaran virus corona atau covid-19 maka bekerja dari rumah dianggap sebagai salah satu solusi. Wajib menjaga jarak atau social distance, menghindari kerumunan dan tidak bertemu banyak orang, mau tidak mau membuat orang untuk sementara tidak berada di tempat umum dan menggunakan transportasi umum. Hal itu otomatis orang tidak bisa ke kantor.

Masyarakat Indonesia sudah melek teknologi dan dengan kecanggihan teknologi yang ada bekerja dari rumah bukanlah sebuah masalah.

Kuncinya adalah setiap orang disipilin dan sadar dengan tugasnya masing-masing. Menjaga komunikasi dan patuh terhadap jadwal maka pekerjaan bisa tetap lancar walau tanpa tatap muka.

Berikut ini ada beberapa aplikasi efektif yang bisa kamu andalkan untuk bekerja dari rumah yang dirangkum oleh bernas.id, Rabu (18/3/2020).

1. WhatsApp

Aplikasi pesan instan yang paling banyak dipakai orang saat ini ya WhatsApp. Aplikasi chat ini memudahkan orang berkomunikasi, baik dengan teks, voice note, video call, atau berbagi foto dan file.

WhatsApp Grup juga membuat komunikasi semakin efektif. Satu kali berbagi file atau foto sudah bisa dibaca oleh banyak orang. Progres atau laporan juga bisa disampaikan lewat grup. Selain itu, WhatsApp tidak terlalu menghabiskan banyak kuota, saat dipakai bekerja pun kuota yang diperlukan tidak jauh berbeda bahkan cenderung sama.

2. Gmail

Setelah saling cek pekerjaan di grup WA, saling share file dan saling koreksi, hasil akhirnya bisa dikirim lewat gmail. Email akan menyimpan file dan histori korespondensi dengan aman. Meskipun lewat pesan instan bisa saling review pekerjaan akan lebih resmi dan profesional jika hasil akhir dikirim lewat email agar mudah ditelusuri.

3. Skype for Business

Skype for Business memang dirancang untuk bekerja sehingga memungkinkan penggunanya melakukan panggilan suara, conferencecall, berbagi pesan dan dokumen dengan lancar. Dengan aplikasi ini kamu bisa menambahkan hingga 250 orang untuk rapat online. Aplikasi ini juga aman sehingga bisa dipakai untuk mengelola karyawan account yang terintegrasi dengan aplikasi kantor.

4. Zoom

Zoom adalah aplikasi yang mirip dengan Skype for Business. Dengan Zoom, seluruh tim bisa melakukan komunikasi video secara bersamaan dengan kualitas video dan suara yang baik. Zoom bisa digunakan dengan smartphone, laptop, tablet, bahkan desktop komputer. Bukan hanya fitur video conference, Zoom juga bisa dipakai untuk kirim pesan teks, foto, audio, dan video.

5. Google Docs

Saat kamu harus bekerja secara kolaborasi dengan beberapa orang dan perlu mengedit file secara online maka google docs adalah solusi yang tepat.

Google docs merupakan layanan gratis dari google untuk digunakan sebagai program pengolah kata, spreadsheet, presentasi, hingga penyimpanan data yang berbasis web.

6. Google Drive

Seringkali kamu harus mengirim file berukuran besar. Jika dikirim via email akan memakan waktu lama saat melampirkan dan dibutuhkan waktu yang lama juga bagi penerima untuk mengunduhnya. Kamu bisa memanfaatkan Google Drive untuk menyimpan file melalui internet sehingga dokumen tidak akan hilang. Kuncinya, kamu harus ingat email dan passwordnya agar bisa mengakses file tersebut. File tersebut bisa juga kamu bagikan ke orang-orang yang kamu tuju tanpe perlu mengirimi mereka email satu per satu.

Virus corona atau covid-19 yang sedang mewabah jangan jadikan halangan untuk produktivitasmu. Selama masa di rumah saja ini, isi hari-harimu dengan kegiatan positif, tetap bekerja dan jaga kesehatan. Hati bahagia dan imunitas tubuh kuat adalah benteng melawan corona. (sn)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.