Berita Nasional Terpercaya

Beginilah Cara Menjaga Pasar Jogja Agar Steril Corona

0

YOGYA, BERNAS.ID – Usaha untuk memutus penyebaran virus corona terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja dengan memastikan kebersihan di seluruh tempat umum, salah satunya Pasar Beringharjo. Setiap hari, pasar terbesar Kota Jogja ini dibersihkan menggunakan disinfektan.

Di depan pintu barat Pasar Beringharjo  petugas mengecek suhu tubuh pengunjung yang hendak masuk pasar. Pengunjung yang telah dicek kemudian diimbau menggunakan masker dan cuci tangan di wastafel.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono, menjelaskan sejak Senin (16/3) lalu pihaknya telah menerapkan protocol pencegahan Covid-19 di seluruh pasar di Kota Jogja yakni sebanyak 30 pasar.

?Tapi memang prioritasnya untuk pasar besar dulu seperti Beringharjo, Kranggan, Demangan, Sentul, Pathok, yang resiko pengunjungnya lebih banyak,? ujarnya.

Ia meneruskan, di Pasar Beringharjo, pihaknya menyemprot disinfektan sebanyak dua kali dalam sehari, yakni pagi sebelum mulai aktifitas dan sore setelah akktifitas. Khusus untuk Pasar Beringharjo bagian timur, karena aktivitas dimulai pada dini hari, maka penyemprotan juga dilakukan sebelum pukul 01.00 WIB. Ia menambahkan, setiap pengunjung yang masuk dicek dulu suhu tubuhnya. Ketika ditemui indikasi yang mengarah pada kasus corona, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

?Pedagang dan pengunjung kami cek semua. Dalam dua hari ini ada temuan pengunjung yang suhunya 38 derajat, yang masuk salah satu indikator orang dalam pengawasan, kami arahkan ke Puskesmas terdekat. Meskipun juga belum tentu Covid-19,? katanya.

Untuk melokalisir pengunjung, pihaknya menutup sejumlah pintu di sirip-sirip pasar yang biasanya bisa digunakan untuk masuk pasar, agar semua pengunjung masuk melalu satu pintu.

?Untuk penerapan social distancing kami masih kesulitan, tapi tetap kami imbau kepada pedagang dan pengunjung. Sejak Senin 16/3) lalu jumlah pengunjung juga sudah merkurang banyak,? jelasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.