Berita Nasional Terpercaya

Begini Cara Melakukan Analisis Segmentasi Pasar Properti

0

BERNAS.ID – Perusahaan properti akan dikatakan berhasil apabila dalam memajukan usahanya, perusahaan mampu melaksanakan analisis pasar. Analisis pasar adalah salah satu atau strategi di dalam pemasaran untuk memajukan usaha pemasaran produk. 

Analisis pasar merupakan konsep pemasaran yang berorientasi kepada kepentingan para konsumen atau berorientasi pada pasar sasaran atau target marketing.

Untuk melakukan analisis pasar properti, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti. Langkah ini akan memudahkan Anda dalam menganalisis pasar, khususunya pasar properti.

1. Menentukan Pasar Relevan

Sebagai langkah pertama dalam menganalisis pasar yaitu menentukan pasar relevan. Anda harus menetapkan atau mendefinisikan pasar terlebih dahulu. Cobalah untuk mencari tahu produk apa saja yang tersedia di pasaran. Pilihlah produk yang sekiranya banyak dipilih pasar untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Pasar relevan sendiri bisa diartikan sebagai serangkaian produk atau jasa di dalam struktur pasar produk total (total product market) yang dinilai pihak manajemen sangat penting dan strategis.

2. Menganalisis Permintaan Primer untuk Pasar Relevan

Langkah kedua dalam analisis pasar yaitu menganalisis permintaan primer untuk pasar relevan. Permintaan primer mencakup permintaan pada level kelas produk (product class level). Dalam langkah kedua ini, manajer berusaha menggambarkan profil atau karakteristik pembeli dan memahami faktor-faktor yang memengaruhi proses pembelian untuk semua merek dan produk dalam pasar relevan. 

Dengan kata lain, manajer berupaya mendiagnosis siapa pembeli (dan non-pembeli) dalam pasar relevan dan mengapa mereka membeli (atau tidak membeli) produk.

3. Menganalisis Permintaan Selektif dalam Pasar Relevan

Permintaan selektif adalah permintaan akan suatu merek atau pemasok tertentu dalam pasar relevan. Dalam menganalisis permintaan selektif, Anda harus lebih mengapa merk tertentu lebih dipilih dalam pasar relevan. 

Untuk memeriksa perbedaan-perbedaan, kebiasaan-kebiasaan para pembeli, dan pola pembeliannya, Anda harus menerapkan strategi segmentasi pasar.

4. Menetapkan Segmen Pasar

Dalam langkah ini, manajer memahami berbagai cara untuk mengelompokkan konsumen ke dalam segmen-segmen yang para anggotanya memiliki respons yang sama terhadap program pemasaran spesifik.

5. Menilai Persaingan

Anda harus bisa menilai produk Anda sendiri. Cobalah untuk membandingkan dengan produk pesaing. Selain itu, Anda juga harus bisa mencermati persepsi konsumen terhadap produk Anda  dibandingkan para pesaing. Salah satu cara efektif untuk mendapatkan informasi penting mengenai pesaing adalah melalui competitive intelligence.

6. Mengidentifikasi Pasar Sasaran Potensial

Langkah terakhir dalam analisis pasar yaitu mengidentifikasi pasar sasaran. Tujuan akhir dari tahap ini adalah mengidentifikasi peluang terbaik guna menciptakan pelanggan yang puas dan loyal.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis properti, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.