Berita Nasional Terpercaya

Ini 5 Cara Cegah Kocek Jebol Saat Liburan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Hari libur menjadi hari yang ditunggu banyak orang. Untuk itu, banyak orang memanfaatkan liburannya dengan sebaik-baiknya. Nah, agar liburan tidak membuat kantongmu jebol, buatlah perencanaan dengan matang sehingga liburan menjadi bermanfaat dan lebih menyenangkan. Berikut ini cara mencegahnya :

Lakukan Survei Lokasi Liburan
Sebelum pergi berlibur, kamu harus menentukan kemana akan pergi. Untuk memastikan tempat yang kamu ingin datangi itu cocok dengan ekspektasi, survei bisa dilakukan melalui internet, buku wisata, atau brosur dari agen travel.

Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari
Setelah melakukan survei tempat tujuan, kamu sekarang harus mulai memesan tiket transportasi, tempat penginapan, atau tiket tempat wisata di lokasi. Biasanya jika pemesanan dilakukan dari jauh hari sebelum hari H, kamu akan mendapatkan harga spesial yang murah.

Utamakan Kenyamanan daripada Kemewahan
Lupakan tentang liburan mewah jika kamu mau berhemat. Namun jangan sampai karena kamu sangat berhemat, liburan menjadi tidak nyaman. Utamakan kenyamanan kamu, baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu liburan.

Bawalah Uang Tunai
Bawalah uang tunai selama kamu berlibur. Dengan membawa uang tunai, kamu akan lebih bisa mengatur pengeluaranmu selama liburan. Dengan membawa uang tunai, kamu juga bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa sehingga dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang.

Catatlah Pengeluaran
Jangan lupa untuk selalu catat setiap pengeluaran yang kamu lakukan walaupun itu sekecil apapun. Hal ini akan membantu kamu mengatur dan mengetahui kemana saja uang kamu mengalir. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.