Berita Nasional Terpercaya

Cegah Persebaran Virus Corona, ACT dan Pertamina MOR-IV Gelar Penyemprotan Disinfektan Serentak

0

YOGYAKARTA,BERNAS.ID – Demi memutus persebaran virus Covid-19, Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama PT Pertamina MOR IV melakukan aksi penyemprotan disinfektan di beberapa titik SPBU di Yogyakarta, Minggu (22/3).

Dibantu oleh puluhan relawan yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) aksi digelar sejak pagi pukul 08.00 WIB

Haidar, selaku koordinator aksi menyampaikan “Hari ini setidaknya ada 5 Mushola & toilet SPBU yang dilakukan penyemprotan cairan disinfektan, yaitu SPBU Sultan Agung, SPBU Kyai Mojo, SPBU Giwangan, SPBU Lempuyangan dan SPBU Timoho,” ungkapnya.

Menurutnya selama ini SPBU sering sebagai tempat transit terutama di musholanya untuk menunaikan ibadah sholat atau sekedar istirahat, begitupun dengan toiletnya, seringkali orang keluar masuk untuk sekedar buang air besar. “Tempat-tempat transit seperti ini rentan tercemar virus covid-19, makannya kita lakukan sterilisasi dengan disemprot disinfektan,” tutur Haidar. 
 
Selain SPBU titik yang dilakukan penyemprotan disinfektan hari ini ialah masjid Bandara Adi Sudjipto serta pembagian ratusan hand sanitizer di pintu keluar Bandara.

Menurut Haidar, bandara merupakan tempat yang memiliki zona terpapar virus corona cukup tinggi, hal tersebut dikarenakan banyak orang bepergian dari tempat jauh, “Kita tidak pernah tahu seseorang yang datang dari provinsi mana atau negara mana, harapan kita sesampainya mereka di Yogyakarta, tidak turut membawa virus corona tersebut, makanya kita lakukan pembagian ratusan hand sanitizer di pintu keluar serta penyemprotan disinfektan di area masjidnya,” lanjutnya.

Rencananya aksi penyemprotan disinfektan tidak hanya dilakukan hari ini saja, tetapi akan berlanjut untuk SPBU-SPBU lain di Yogyakarta. Selain itu masjid-masjid transit, sekolah, maupun tempat umum di Yogyakarta rencananya juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penularan virus Corona.

Sementara itu Kepala Cabang ACT DIY, Bagus Suryanto menjelaskan, aksi disinfektanisasi serta pembagian hand sanitizer ini merupakan bentuk dukungan ACT terhadap himbauan Pemerintah untuk bergotong-royong menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta sebagai langkah untuk memutus perseberan virus corona khususnya di Yogyakarta.  

Selain itu ACT juga memberikan apresiasi kepada PT Pertamina MOR-IV yang telah mendukung terselenggaranya aksi penyemprotan cairan desinfektan secara serentak ini, “semoga dengan adanya aksi-aksi seperti ini, perseberan virus corona di Yogyakrta bisa dicegah,” tutup Bagus. (*/ACT)

Leave A Reply

Your email address will not be published.