Berita Nasional Terpercaya

Pesan Penting Sultan Pada Masyarakat Jogja Terkait Pandemik Covid-19

0

YOGYA, BERNAS.ID – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyapa warga Yogyakarta dengan memberikan pernyataan mengenai wabah pandemik Covid-19 yang sedang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lewat agenda Sapa Aruh “Cobaning Gusti Allah awujud Virus Corona”, Ngarsa Dalem menyampaikan pesan dan imbauan dalam bahasa Indonesia dan Jawa kepada masyarakat secara langsung pada Senin (23/03/2020) pukul 10.00 WIB di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, yang disiarkan langsung lewat TV lokal dan media sosial.

“Berbeda dengan bencana gempa 2006 yang kasat mata, sekarang ini virus corona jika memasuki badan tidak bisa kita rasakan, dan menyerangnya tak terduga-duga,” ujar Sultan.

Untuk itu ia mengajak masyarakat selalu bisa menjala kesehatan. Masyarakat diajaknya selalu menjaga kebersihan dan melaksanakan laku prihatin.

“Dan wajib menjalankan aturan baku dari sumber resmi Pemerintah,” imbaunya.

Ia menilai, masyarakat Yogyakarta memiliki kadar literasi tinggi. Sehingga bisa membedakan mana berita hoax dan mana yang benar-benar nalar, terkait informasi yang beredar.

Sultan juga menjelaskan, DIY belum menerapkan lockdown, melainkan slowdown atau pelambatan, sebagai upaya bagi warganya mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, selain juga tetap penting untuk menghambat pandemik corona.

Karena itu, warga yang tidak sehat menurut Sultan harus memiliki kesadaran untuk mengisolasi diri selama 14 hari. Secara umum, masyarakat diajak untuk tetap saling menjaga persaudaraan, dengan memberi jarak aman dan tidak pergi ke keramaian.

“Bisa jadi kita merasa sehat, tetapi sesungguhnya tidak ada seorangpun yang bisa memastikan kita benar-benar sehat. Malah bisa jadi kita yang mambawa bibit penyakit,” katanya.

Karena itu, ia meminta warga tetap waspada dan berhati-hati. “Sehat, sehat, sehat,” doa Sultan di akhir sapaannya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.