6 Keuntungan Mutlak Memilih Bisnis Franchise

 

BERNAS.ID – Pada zaman sekarang telah terjadi pergeseran pandangan hidup seseorang atas sebuah pekerjaan. Dulu, bekerja kantoran seperti di bank, pegawai negeri, karyawanan BUMN, atau staf perusaahan besar adalah sebuah cita-cita. Seolah, nilai kesuksesan hidup seseorang dipandang dari situ. Namun, hal itu sudah tidak berlaku lagi. Banyak orang yang justru berlomba-lomba untuk memiliki bisnis sendiri meskipun bisnis tersebut sesederhana ‘jualan’ pisang goreng atau minuman kekinian.

Jika kamu termasuk orang yang ingin memulai sebuah bisnis ada dua pertimbangan yang bisa kamu pilih. Pertama, memulai bisnis dengan merek sendiri atau yang kedua memulai dengan bisnis franchise alias kemitraan.

Konsep bisnis kemitraan atau franchise atau waralaba bisa menjadi ‘jalan pintas jika kamu ingin memulai bisnis tapi tidak bisa membuat perencanaan bisnis atau business plan. Selain itu, memilih bisnis franchise memiliki peluang lebih besar untuk sukses dibandingkan dengan mendirikan bisnis sendiri dari nol.

Pengertian bisnis franchise atau waralaba adalah sebuh metode membuka bisnis dengan nama, merek dagang, hingga produk dan bahan dari bisnis yang sudah ada. Dengan bisnis franchise, kamu tidak perlu membangun brand awareness lagi karena bisnis yang sudah di-franchise-kan sudah pasti memiliki nama atau merk yang sudah terkenal. Contoh bisnis franchise yang sudah terkenal antara lain McDonalds, Pizza hut, The Crabbys, Circle K, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat memilih bisnis franchise. Berikut yang dirangkum oleh bernas.id, Senin (23/3/2020).

1. Bisnis Lebih Cepat Dimulai

Memilih bisnis franchise membuat kamu bisa memulai bisnis lebih cepat karena franchise sudah memiliki model bisnis yang tinggal diterapkan saja. Pemilik franchise sudah memiliki panduan agar pemegang bisnis bisa mengikuti cara tersebut.

Banyak hak yang tinggal kamu laksanakan tanpa harus mengonsepnya, seperti menu, bahan, proses produksi, bahkan hingga model dan perencanaan bisnis. Jika kamu ingin cepat dan segera untuk membuka bisnis maka franchise bisa menjadi pilihan tepat.

2. Pelatihan dan Dukungan

Kamu membuka bisnis yang persis sama dengan franchisor atau pemilik franchise tapi kamu bukanlah kompetitor untuk mereka. Franchise adalah bisnis tim sehingga franchisor akan selalu meningkatkan dengan mempertahankan reputasi bisnis para franchisee nya. Hal itu agar bisnis franchise tersebut dioperasikan sesuai dengan standar yang ditentukan.

Oleh karena itu, pemegang bisnis franchise dan pegawainya akan dilatih dan didukung penuh oleh pemiliki bisnis franchise. Hal-hal tersebut meliputi aspek operasional teknis, mengelola keuangan, cara mempekerjakan karyawan, hingga membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

3. Panduan Memilih Lokasi

Lokasi menentukan prestasi, itu pun berlaku dalam menentukan lokasi bisnis. Idealnya, sebuah lokasi bisnis haruslah kawasan yang ramai dikunjungi, dekat dengan kampus, perkantoran, atau sekolah. Diharapkan lokasi bisnis juga mudah diakses naik oleh pejalan kaki maupun dengan kendaraan. Agak rumit bukan?

Namun kamu jangan khawatir, pemilik bisnis franchise akan membantu kamu menemukan area yang memenuhi standar. Mereka akan melakukan survei kawasan manakah yang paling sesuai untuk jenis bisnis franchise tersebut.

4. Merek Sudah Terkenal

Kamu bisa saja memulai bisnis baru dari nol dengan merek dan produk kamu sendiri namun bagaimana kamu akan melakukan promosi? Bisa jadi produk yang kamu miliki, baik barang atau jasa adalah produk hebat namun akan butuh waktu lama untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat. Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun reputasi bisnis dan mempertahankan pelanggan. Sangat berbeda jika yang kamu mulai adalah bisnis franchise dengan merek yang sudah terkenal, masyarakat sudah mengenal dan sudah percaya.

5. Hemat Biaya Pemasaran

Bisnis perseorangan mendapatan pelanggan dari promo yang dilakukan, misalnya lewat sosial media atau brosur. Kekuatan lain yang bisa diandalkan adalah rekomendasi mulut ke mulut antar teman atau saudara yang mempromosikan bisnis kita.

Bisnis franchise akan dibantu oleh pemiliki franchise untuk mengembangkan program pemasaran melalu dana pemasaran kooperatif. Pemegang franchise dapat membayar strategi pemasaran dengan bantuan pemilik franchise, seperti promo di toko franchise tertentu atau acara khusus yang berlangsung hanay di satu toko franchise saja.

6. Dukungan Sesama Franchise

Di awal tadi disebutkan bahwa bisnis franchise adalah tim. Dukungan untuk bisnis franchise bukan hanya dari pemilik franchise tapi juga dari sesama rekan franchise. Jaringan sesama pemegang bisnis franchise akan salin mendukung satu sama lain karena kesuksesan satu toko akan membantu kesuksesan toko-toko lain juga. Menjalankan bisnis franchise membuat kamu tidak merasa menjalani bisnis tersebut sendirian.

Saat ini, bisnis franchise bukan hanya untuk restoran dan kuliner saja namun sudah merambah ke bidang lain seperti pendidikan misalnya. Contoh bisnis franchise menguntungkan yang bisa kamu pilih adalah English Cafe yaitu lembaga kursus bahasa Inggris dengan konsep cafe pertama di Indonesia. Saat ini, cabang English Cafe sudah tersebar di 50 kota diseluruh Indonesia.

Alamat lengkapnya bisa kamu kunjungi: Alive Fusion Dining , Jl. Timoho Yogyakarta. WA: 087734169766.

Atau kunjungi http://www.englishcafe.co/ (sn).

 


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up