close

Pandemi Corona, Hari Raya Nyepi yang Sepi Tanpa Ogoh-Ogoh

Pandemi Corona, Hari Raya Nyepi yang Sepi Tanpa Ogoh-Ogoh

BERNAS.ID - Umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi 2020 atau Tahun Baru Caka 1942, Rabu (25/3/2020). Di Indonesia, Bali merupakan wilayah dengan umat Hindu terbanyak. Sehingga selama Hari Raya Nyepi, tidak ada aktivitas di Bali termasuk bandara dan pelabuhan ditutup.

Perayaan Nyepi tahun ini semakin sepi karena pemerintah pun meminta masyarakat untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia. Gubernur Bali, Wayan Koster menyampaikan rangkaian Upacara Hari Suci Nyepi akan tetap berjalan tetapi ada pembatasan petugas.

Mengingat adanya pandemi virus corona, Gubernur Bali juga melarang adanya pengarakan Ogoh-Ogoh. Selama Nyepi berlangsung, jalanan sepi dan tidak ada aktivitas yang dilakukan. Meski dirayakan berdiam diri di dalam rumah, sebelumnya ada beragam rangkaian acara ataupun ritual untuk menyambut Hari Raya Nyepi. Meluasnya penyebaran virus corona yang kian mengkhawatirkan, maka pelaksanaan rangkaian upacara Nyepi di beberapa daerah selain Bali harus dilaksanakan di rumah.

Ucapan selamat Hari Raya Nyepi pun tetap ramai di media sosial. Berikut ucapan dari masyarakat yang disampaikan lewat Twitter, Rabu (25/3/2020):

"#SahabatKemlu, seluruh keluarga besar Kementerian Luar Negeri mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1942 bagi umat Hindu yang merayakan. Semoga Tahun Baru Saka ini membawa damai untuk semua," cuit Kementerian Luar Negeri dengan akun @Kemlu_RI, dikutip Bernas.Id.

"Selamat menyambut Nyepi, #SahabatDikbud umat Hindu. Selamat melaksanakan Catur Brata Penyepian. Semoga dalam hening menemukan kedamaian dan kebahagiaan. #Nyepi #Nyepi2020," tulis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI lewat akun resmi @Kemdikbud_RI

Rumah Cantik Cuma 100 Jutaan di Andalusia Baturaja - 15 Menit dari Citimall Baturaja

BATU RAJA TIMUR, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU, SUMATERA SELATAN

Rp.130,000,000

"Dalam hening dan sepi kita mengerti makna kehidupan dan kehadiran-Nya. Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942," tulis @aisyaranni

"Selamat Hari Raya Nyepi 2020, Tahun Baru Saka 1942 untuk sahabat2 ku yang melaksanakannya. Kesunyian untuk menyembuhkan bumi, keheningan untuk mendamaikan negeri. Semoga perenungan diri dapat mengembalikan jiwa yg bersih dan suci untuk kedamaian hati," kicau NMoekijat

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi mengingatkan supaya umat Hindu senantiasa mengendalikan diri dari sifat kebatilan sehingga dapat mewujudkan kerukunan. Fachrul menyampaikan pelaksanaan Catur Brata Penyepian sarat akan makna tentang physical distancing yang dicanangkan pemerintah karena saat ini sedang mengalami wabah virus corona. Tidak hanya diam tetapi masyarakat juga harus menjaga kontak fisik guna mencegah penularan virus corona (Covid-19). 

"Catur Brata Penyepian mengandung pesan tentang physical distancing yakni menjaga jarak fisik dengan orang lain agar tidak terjadi penularan virus. Mari jadikan Catur Brata Penyepian sebagai momentum memperkuat komitmen kita untuk peduli pada sesama, demi merawat kemanusiaan. Kini, semangat kemanusiaan dalam beragama itu sangat dibutuhkan untuk mencegah penyebaran COVID-19," ungkap Menag Fachrul, Selasa (24/3/2020) sebagaimana dikutip Bernas.Id

Ia juga mengapresiasi Parisada Hindu Dharma Indonesia (PDHI) supaya tidak menggelar arak-arak di tengah pandemi virus corona di Indonesia. (mta)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi

Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi


Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan

Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan


Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru