Berita Nasional Terpercaya

Antisipasi Corona, Lapas Cebongan Sleman Disemprot Desinfektan

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Sejumlah relawan dari elemen BPBD, TNI dan POLRI melakukan penyemprotan disinfektan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan Rabu pagi (25/3). Ikut serta dalam kegiatan ini PLT Sekda Sleman Hardo Kiswoyo dan Kepala BPBD Sleman Joko Supriyanto yang yang didampingi Kepala Lapas Cebongan Gunarto.

Sasaran penyemprotan desinfektan mulai dari halaman depan lapas, kemudian masuk halaman dalam, mushola, ruang tamu, klinik, dan dilanjutkan ke semua ruangan tahanan.

Kepala BPBD Sleman, Joko Supriyanto mengatakan rencananya kegiatan hari kedua akan dilakukan penyemprotan di ruang-ruang publik meliputi 3 kecamatan yakni Mlati, Gamping dan Sleman. Untuk kekuatan personil, ia merinci dari BPBD 25 orang, TNI 10 orang, POLRI 10 orang, Dinas Perhubungan 5 orang, SATPOLPP 3 orang, Relawan 15 orang, dan Kecamatan masing-masing 6 orang dengan total 86  personil.

Joko juga menyampaikan kegiatan penyemprotan juga akan dilakukan di 17 kecamatan se-Kabupaten Sleman. “Harapannya, kegiatan ini merupakan motivasi bagi warga untuk selanjutnya melakukan penyemprotan secara mandiri di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Sedangkan, Kalapas Sleman, Gunarto, berharap kegiatan penyemprotan desinfektan akan bisa menghindarkan warga lapas sejumlah 284 orang dari virus corona. “Kita nanti akan melanjutkan penyemprotan secara mandiri dengan peralatan yang dimiliki Lapas yang kondisinya terbatas,” katanya.

Untuk kunjungan yang rata-rata 100 orang setiap hari, Gunarto menyebut sementara tidak diadakan selama 14 hari ke depan untuk menjaga agar warga lapas tetap sehat. “Kami setiap pagi mengadakan senam dengan berjemur di halaman, menjaga kebersihan, dan memberikan makanan yang standar gizinya cukup,” tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.