Berita Nasional Terpercaya

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Properti?

0

BERNAS.ID – Beberapa orang mungkin masih belum mengerti kapan waktu yang tepat untuk membeli properti. Selain harga yang terus meningkat, membeli properti merupakan sebuah keputusan besar dimana Anda harus berpikir matang-matang sebelum menentukan waktu yang pas.

Membeli ketika butuh adalah ide yang tepat. Selain itu, menikah, berkeluarga, dan memiliki anak juga merupakan faktor yang besar untuk membeli rumah.Hal yang harus diperhatikan adalah jangan pernah memilih atau membeli karena apa yang dikatakan orang. Jika siap membeli, maka belilah hari ini. 

Secara lebih terperinci, berikut adalah panduan yang bisa Anda jadikan patokan untuk mengetahui waktu paling tepat untuk beli rumah. 

1. Pekerja Tetap atau Outsource?

Memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap bisa menjadi indikasi waktu yang tepat untuk punya rumah. Namun jika Anda masih berstatus karyawan kontrak atau outsource, sebaiknya tunda mengajukan KPR.

Pasalnya, pihak bank lebih mudah menyetujui pemohon yang berstatus pegawai tetap yang memiliki penghasilan tetap per bulan daripada pekerja paruh waktu atau outsource.

2. Lajang atau Menikah?

Banyak yang berpikir untuk menunda pembelian rumah hingga menikah. Padahal, KPR memerlukan masa cicilan hingga puluhan tahun. Selain itu, kenaikan harga rumah akan selalu lebih tinggi dari peningkatan gaji Anda.

Jadi semakin cepat Anda mengajukan KPR, akan lebih baik. Jika Anda masih lajang dan berusia muda serta sudah memiliki cukup tabungan, segeralah mengambil KPR.

3. Kondisi Keuangan

Saat yang baik untuk mengajukan KPR adalah bila tabungan Anda cukup untuk membayar uang muka, saat ini sekitar 10% dari harga rumah. Agar pengeluaran bulanan tidak terganggu, cicilan KPR juga tidak boleh lebih dari sepertiga atau 30 persen dari pendapatan bulanan Anda. Jika tidak, sebaiknya Anda tunda mengambil KPR.

4. Suku Bunga

Faktor lain yang menentukan saat tepat untuk mengajukan KPR adalah suku bunga. Jika Anda memiliki cukup uang namun tidak terburu-buru untuk membeli rumah, perhatikan dulu tingkat suku bunga KPR saat itu. Bila suku bunga sedang tinggi, tunda pengajuan KPR hingga suku bunga turun.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis properti, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.