Berita Nasional Terpercaya

Cegah Penyebaran Covid-19, Tabung LPG Disterilkan

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Dalam rangka mencegah penyebaran infeksi Virus Corona (Covid-19), PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta melakukan sterilisasi tabung-tabung LPG menggunakan cairan disinfektan nonkorosif pada proses uji kebocoran tabung (leakage test) di Stasiun Pusat Pengisian Bulk Elpiji (SPPBE).

Menurut, General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian, proses uji kebocoran merupakan standar Pertamina dalam merawat kelaikan tabung gas yang akan dijual atau diedarkan kepada konsumen. ?Proses ini dilakukan di seluruh SPPBE Pertamina, namun dikarenakan saat ini sedang ada wabah virus corona maka kami mencampur air uji kebocoran dengan disinfektan non korosif?, ujar Iin.

Ia menambahkan, larutan disinfektan khusus untuk tabung harus nonkorosif untuk menghindari karat yang nantinya bisa membahayakan konsumen. Sebagai upaya tambahan mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, saat ini seluruh fasilitas Pertamina seperti Fuel Terminal, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), Depot LPG, SPPBE dan SPBU telah disterilkan menggunakan cairan disinfektan.

?Selain sterilisasi fasilitas, para petugas, awak mobil tangki dan operator yang melayani juga kami bekali dengan masker, sarung tangan dan hand sanitizer. Diharapkan hal tersebut dapat memberikan keamanan dan kenyamanan para pelanggan setia produk Pertamina,” tutur Iin.

Saat ini, penyaluran total harian rata-rata LPG di wilayah Pertamina MOR IV Jawa Tengah dan DIY adalah 3.980 Metric Ton per hari yang terdiri dari dua jenis penyaluran LPG yaitu PSO (subsidi) sebesar 3.600 Metric Ton/hari dan Non PSO 380 Metric Ton/Hari. ?Untuk LPG Non PSO terdapat kenaikan sebesar 2,8% di bulan ini sedangkan untuk LPG PSO atau bersubsidi terdapat penurunan permintaan di bulan Maret sebesar 1%,” tutup Iin. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.