Berita Nasional Terpercaya

Duka di Tengah Pandemi Covid-19, Ini 3 Fakta Jokowi Tak Abaikan Physical Distancing

0

BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo kehilangan ibundanya Sudjiatmi Notomiharjo saat sedang memikirkan rakyat menghadapi pandemi virus corona di Indonesia. Ibundanya meninggal dunia pada Rabu, 25 Maret 2020, pukul 16.45 di Solo, Jawa Tengah. Presiden yang akrab disapa Jokowi itu memberlakukan physical distancing mengingat upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). 

Meski sedang berduka, berikut fakta-fakta penerapan phyiscal distancing yang diterapkan Presiden Jokowi menurut Bernas.Id, Kamis (26/3/2020): 

1. Larang menteri melayat

Presiden Joko Widodo melarang para menterinya maupun kepala lembaga melayat ke Solo, Jawa Tengah. Hal ini disampaikan oleh Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman. Hanya dua anggota Kabinet Indonesia Maju yang berangkat mendampingi Jokowi ke Solo, yakni Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung. 

“Atas arahan Bapak Presiden Joko Widodo, bahwa pemakaman almarhumah Ibunda akan dilaksanakan secara internal dan para anggota Kabinet Indonesia Maju berserta jajaran tetap bekerja di Jakarta dan fokus pada tugas masing-masing,” ungkap Fadjroel Rachman, Rabu (25/3/2020).

Menko Polhukam Mahfud MD mengaku dirinya beserta menteri yang lain tak ikut mendampingi Jokowi karena diminta untuk tetap di Jakarta. Mahfud memakluminya karena larangan ini bertujuan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Pemerintah telah meminta masyarakat untuk physical distancing karena adanya pandemi Covid-19. Ia pun meminta supaya para menteri maupun umat Muslim melakukan salat ghaib (salat yang dilakukan tanpa ada jenazah) tanpa harus melayat ke rumah duka.

2. Pelayat diminta pakai hand sanitizer dan masker

Meski dilanda duka, Presiden Jokowi tidak mengabaikan prosuder pencegahan penyebaran virus corona. Pihaknya tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran penyakit Covid-19. Salah satunya menjaga physical distancing. Setiap pelayat diminta membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan diberi masker. Di rumah duka sudah tersedia disinfection chamber. Bahkan, para petugas kesehatan pun bersiaga di rumah duka. Para wartawan diminta untuk menjaga jarak untuk menghindari kontak langsung.

3. Pemakaman hanya internal keluarga

Jenazah Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo dimakamkan di pemakaman keluarga pada Kamis (26/3/2020) pukul 13.00 siang. Lokasi pemakaman adalah pemakaman keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah. Namun, pemakaman hanya akan dilakukan internal keluarga saja demi menjaga masyarakat supaya tetap menerapkan physical distancing. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.