Berita Nasional Terpercaya

5 Pekerjaan Freelance yang Bisa Dijadikan Bisnis Sambil Kuliah

0

 

BERNAS.ID – Menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas cocok dilakukan oleh mahasiswa yang memiliki banyak waktu tapi tidak bia terikat sepenuhnya. Perusahaan atau pemakai jasa pun senang mempekerjakan mahasiswa, bukan karena fee nya rendah tapi mahasiswa dinilai memiliki semangat tinggi, penuh inisiatif, dan inovatif.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Berikut beberapa pekerjaan freelance yang jika ditekuni bisa menjadi bisnis yang dijalankan sambil kuliah. Dirangkum oleh bernas.id, Jumat (27/3/2020) dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Penulis Freelance

Punya kemampuan menulis bisa membuat kamu memiliki penghasilan sampingan, lho. Pada era digital ini hampir semua perusahaan memiliki website dan membutuhkan konten-konten berupa artikel di dalamnya. Kamu bisa menjadi kontibutor alias penulis lepas di situ.

Tidak berhenti sampai di situ, jika kamu ingin menjadikan pekerjaan tersebut sebagai bisnis kamu bisa mulai mengelolanya. Buatlah paket-paket harga yang kemudian kamu tawarkan ke beberapa perusahaan, misalnya harga per artikel dikalikan 30 hari. Perusahaan akan tertarik karena harga yang ditawarkan dalam bentuk paket biasanya lebih murah. Saat kamu mulai kebanjiran pekerjaan kamu bisa mengajak beberapa temanmu untuk menjadi penulis di situ. Akhirnya kamu tidak hanya sebagai penulis lepas saja tapi kamu memiliki bisnis yang bergerak di bidang content spesialis.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

2. Guru Les Privat

Guru les privat adalah salah satu pekerjaan freelance yang dilakukan oleh mahasiswa. Biasanya, guru privat ini dikoordinir oleh sebuah lembaga bimbingan belajar atau bimbel. Nah, daripada kamu hanya bekerja sebagai guru di bimbel, kamu bisa membuka bisnis bimbel sendiri.

Ajak beberapa temanmu untuk menjadi guru. Promosikan usaha kamu, baik lewat media sosial maupun secara offline ke sekolah atau perumahan-perumahan. Kamu bisa memasang harga lebih murah dari bimbel yang sudang terkenal tapi kualitas mengajarmu tak kalah darinya.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

3. Jasa Desain Grafis

Kamu punya kemampuan desain dan betah lama-lama di depan laptop? Itu bisa kamu jadikan mesin uang, lho. Sedikit sekali orang yang bisa mendesain. Coba saja lihat sekitar teman-temanmu, siapa saja yang bisa desain? Pasti tidak banyak.

Nah, daripada hanya menunggu dan menerima orderan dari klien cobalah untuk membuat penawaran harga desain-desain kamu. Setelah itu, tawarkan ke beberapa pemilik usaha baik online maupun offline. Kamu bisa membuat paket komplit, misalnya desain logo dan segala material promo dari banner hingga merchandise. Kamu bisa menggandeng temanmu yang jago nulis konten sebagai pelengkap desain kamu.

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

4. Fashion Desain

Fashion desain alias perancang busana ini sama langkanya dengan desainer grafis. Jika kamu memiliki sense yang bagus di bidang fashion maka kamu sangat bisa menjadikan bidang ini sebagai bisnis. Mulailah merancang baju beberapa buah kemudian promosikan lewat media sosial, lihat bagaimana respon pasar. Kamu juga bisa membuka layanan custom desain atau seragam misalnya.

Tidak harus bisa menjahit untuk bisa menerima pesanan baju. Kamu hanya perlu mempunyai pengetahuan yang bagus soal fashion dan kain lalu cari penjahit yang cocok untuk dijadikan partner. Siapa tahu, lambat laun kamu bisa memiliki butik sendiri.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

5. Event Organizer

Zaman sekarang orang ingin mencari praktisnya saja. Mau membuat pameran, serahkan pada event organizer atau EO. Mau opening perusahaan, serahkan pada EO. Acara pernikahan dan ulang tahun pun ada EO spesialis nya. Pekerjaan event semacam ini banyak melibatkan mahasiswa sebagai freelancer.

Jika kamu cukup lama terlibat di dunia EO tentu kamu memahami seluk-beluk bagaimana sebuah acara itu dirancang dan dijalankan. Mengapa kamu tidak mencoba membentuk EO sendiri? Ajaklah beberapa temanmu kemudian mulailah mengerjakan event-event kecil seperti event skala kampus atau jurusan. Dari situ kamu akan belajar untuk menangani event-event besar. Jika dikelola dengan baik, keuntungan setiap project event itu cukup besar lho.

Bagaimana? Sudah terinspirasi untuk menjadikan pekerjaan sampinganmu sebagai bisnis yang kamu jalankan sambil kuliah? Kampus yang mendukung dan memfasilitasi mahasiswanya untuk kuliah sambil bisnis adalah STIEBBANK Jogja.  Bahkan, ada beasiswa khusus untuk kamu. Info lengkapnya di:  https://bernas.info/BeasiswaKampusPencetakPengusaha (sn)

Baca juga: Ragam Jurusan Teknik di Perguruan Tinggi dan Prospek Kerjanya

Leave A Reply

Your email address will not be published.