Berita Nasional Terpercaya

Penghasilan Ojol Turun Hingga 80 Persen Akibat Virus Corona

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Ditengah wabah virus Corona (Covid-19) yang terus melonjak, mengakibatkan penghasilan para ojek online (ojol) terjun bebas hingga 80 persen per harinya.

Dari pantauan bernas.id di seputaran Jalan Taman Siswa, biasanya ojek online bergerombol pada pagi atau siang hari di beberapa spot-spot tertentu, tapi kini ada yang berbeda, walaupun mereka tetap bergerombol, tetapi tidak untuk menunggu antrian orderan seperti biasanya.

“Kalau biasanya kami bergerombol ngantri orderan untuk ambil pesanan makanan, tapi sekarang kami bergerombol untuk menunggu orderan,” kata Agus, salah satu pengemudi ojol, Sabtu (28/3/2020).

Hal senada juga disampaikan Ardi, ojol yang biasanya beredar disekitaran Seturan, Sleman ini mengaku sudah hampir dua minggu penghasilannya menurun drastis, dari yang biasanya dia bisa membawa uang Rp. 200 ribu seharinya, kini hanya bisa mengantongi Rp. 40 ribu per harinya.

“Ini sepi banget, soalnya anak sekolah dan anak kuliah juga libur, biasanya kalau mereka nggak libur penghasilan dalam satu hari bisa lumayan lah,” kata dia.

Bahkan untuk pemesanan makanan pun dirasa menurun dikarenakan banyaknya mahasiswa yang meninggalkan Yogyakarta untuk kembali ke kampung halamannya mengisi waktu liburnya ini. “Biasanya yang pesen makanan online itu mahasiswa tapi ini mereka nggak pada di kost jadinya mereka nggak pesen,” tambahnya.

Para ojek online ini pun menaruh banyak harapan kepada pemerintah, terlebih setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan akan memberi keringanan bagi para ojek online didalam membayar angsuran Bank ataupun non Bank akibat terdampak dari wabah virus Corona.

Dan mereka juga berharap situasi ini dapat segera teratasi dan berlalu, agar mereka didalam mencari nafkah bagi keluarganya tidak terganggu. “Mudah-mudahan Coronanya bisa segera pergi biar kami bisa kerja menafkahi keluarga kami kembali dengan lancar,” pungkasnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.