Berita Nasional Terpercaya

Informasi Pembatasan dan Pembatalan KA yang Melintasi Jogja

0

YOGYA, BERNAS.ID  – Guna mencegah penyebaran Covid-19, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta melakukan pembatasan jumlah perjalanan kereta Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA).  Dari awalnya total 24 perjalanan per hari dikurangi menjadi delapan perjalanan per hari.

?Pembatasan dilakukan karena penumpangnya cuma sedikit, setiap operasi penumpangnya di bawah sepuluh,? kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Selasa (31/3/2020).

Eko meneruskan, jam perjalanan menyesuaikan dengan kebutuhan penumpang yaitu jam perjalanan dengan kecenderungan jumlah penumpang lebih banyak dibanding jam perjalanan lainnya.

Saat ini, kereta bandara YIA rute Stasiun Tugu Yogyakarta-Stasiun Wojo hanya diberangkatkan untuk perjalanan paling awal pada pukul 05.10 WIB dari Stasiun Tugu dan keberangkatan paling akhir pada pukul 12.20 WIB. Sedangkan perjalanan dari Stasiun Wojo menuju Stasiun Yogyakarta, diberangkatkan paling awal pada pukul 06.30 WIB dan keberangkatan paling akhir pada pukul 13.20 WIB.

Tidak hanya pengurangan perjalanan kereta bandara YIA, pembatalan perjalanan untuk kereta jarak jauh juga dilakukan terhitung mulai 1 April hingga 17 Juni 2020. Berikut relasi kereta yang mengalami pembatalan:

1. Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir

2. Fajar Utama Yogyakarta relasi Pasar Senen-Tugu Yogyakarta

3. Senja Utama Yogyakarta relasi Tugu Yogyakarta-Pasar Senen

4. Lodaya relasi Solo Balapan-Bandung

5. Bogowonto relasi Lempuyangan-Pasar Senen

6. Gajahwong relasi Lempuyangan-Pasar Senen 

7. Sancaka Utar relasi Surabaya Pasar Turi-Kutoarjo

?Pembatalan ini pun ditujukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah meluasnya COVID-19. Masyarakat pun diimbau untuk di rumah saja dan sudah ada instruksi untuk tidak mudik. Jumlah penumpang pun sudah turun, sehingga tidak esien jika banyak kereta yang masih dioperasionalkan,? katanya.

Hingga Selasa (31/3), di Daop 6 Yogyakarta sudah ada lebih dari 26.000 penumpang yang membatalkan tiket karena memilih tidak melakukan perjalanan dan serta sekitar 5000 penumpang yang mengubah jadwal perjalanan.

Bagi penumpang yang melakukan pembatalan tiket sejak 23 Maret hingga 29 Mei akan memperoleh pengembalian uang tiket secara penuh, dan tidak ada biaya tambahan apabila penumpang melakukan perubahan jadwal keberangkatan. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.