Berita Nasional Terpercaya

Melihat Kipas Angin Kabut, Jadilah Truk Desinfektan

0

SLEMAN, BERNAS.ID-Penyemprotan desinfektan menjadi hal yang prioritas di tengah situasi mewabahnya COVID19, khususnya Yogyakarta. Di tengah keterbatasan sarana dan prasarana penyemprot desinfektan, Direktur Polairud AKBP Rudi Rifani berinisiatif untuk mengubah fungsi truk angkut milik satuannya. 

Ide kreatif ini terpantik dari melihat sprayfan atau kipas angin spray air kabut, lalu munculah ide untuk membuat spray kabut disinfektan. 

Pembuatan truk disinfektan ini tidak terlalu memerlukan waktu yang lama. Dalam waktu satu hari truk yang berciri khas Polair ini bisa dioperasionalkan untuk turut terjun dalam Operasi Aman Nusa II Progo 2020. 

AKBP Rudi menjelaskan Ditpolair masih kekurangan armada dalam Operasi kemanusiaan ini. “Melihat ada armada truk angkut yang masih dalam kondisi rusak ringan, dirinya tidak berpikir panjang langsung menyulapnya menjadi truk disinfektan,” ujarnya, 31 Maret 2020.

“Setelah desain jadi, dalam satu hari truck angkut ini berubah menjadi truck disinfektan. Kemudian diberi nama Truk Disinfektan Marine Police,”imbuhnya

Cara kerjanya, lanjut AKBP Rudi, tidak jauh seperti rantis Armored Water Canon (AWC). “Hanya saja air yang keluar lebih tipis seperti kabut, sehingga diharapkan bisa menjangkau tempat yang tidak bisa dilakukan oleh rantis AWC,” tuturnya.

Truk disinfektan dengan bentuk mirip seperti kapal ini berkapasitas 1250 liter. “Diharapkan dengan penyemprotan disinfektan spray kabut, virus seperti covid-19 yang sulit dijangkau dapat mati dan hancur terkena cairan disinfektan,” tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.