Berita Nasional Terpercaya

5 Tips DIgital Marketing untuk Startup Pemula

0

BERNAS.ID – Membangun sebuah startup yang sukses adalah impian para entrepreneur. Proses menuju kesuksesan adalah hal terpenting yang harus dilalui oleh startup. Berbagai cara ditempuh agar jenjang kesuksesan dapat diraih.

Walaupun jalan menuju kesuksesan tidak selalu sama antara satu startup dengan startup lainnya, namun perlu kita serap berbagai sumber dan mempraktekkannya di startup yang kita jalankan, dengan harapan dapat memberikan hasil yang sepadan dengan sesuatu yang ingin kita raih.

Digital marketing merupakan jalan bagi para startup yang ingin memasarkan produk atau layanannya, tanpa terbentur masalah modal. 

Sekarang digital marketing digemari karena mempunyai dana yang lebih sedikit dibandingkan strategi marketing lainnya. Bahkan, digital marketing ada yang mempunyai budget minimal sampai 0 rupiah. Tetapi digital marketing secara menyeluruh juga bisa menyedot budget yang tidak sedikit. Sekarang kita akan melihat lima tips digital makerting yang baik.

1. Sosial Media Bukan Sekadar Promo Brand, Tetapi Mengedukasi

Banyak yang berpikir bahwa menggunakan sosial media adalah untuk promo habis-habisan soal produk dan brand Anda. Ini memang bisa mendapatkan calon pelanggan, tetapi cara tersebut adalah cara yang salah. Coba berikan sesuatu yang berbeda dengan kebanyakan akun sosial media bisnis sekarang. Share informasi yang penting dan berguna bagi followers Anda. Misalnya tentang keresahan masyarakat sekarang, dan gabungkan dengan promosi konten Anda.

Ada banyak sekali ?mainan? di sosial media, mulai yang berbayar sampai yang gratis. Ketika Anda mempunyai budget yang lebih, Anda bisa mempergunakan iklan-iklan, seperti Facebook Ads atau Sponsored Tweet. Ketika Anda bisa mempergunakannya dengan baik, tentu efeknya juga akan baik juga.

2. Perlakukan Followers secara Spesial

Di sosial media, Anda akan segera berhadapan begitu banyak tipe followers. Mulai dari yang serius tanya, sampai yang tanya-tanya tidak penting. Lalu Anda bertanya, apa yang harus Anda lakukan? Selalu balas semuanya. Jangan sampai followers Anda merasa tidak ditanggapi, walaupun pertanyaannya tidak penting. Dan ketika ada debat kecil dengan followers, usahakan Anda bisa menjelaskan dengan baik. Ini juga bisa melihat bagaimana service Anda kepada pelanggan.

Jangan tutup-tutupi kesalahan startup atau bisnis Anda. Berikan penjelasan secara mendetail apa yang salah dan bagaimana startup atau bisnis Anda bangkit dari kesalahan atau kegagalan. Berikan sesuatu yang bisa dipelajari dan didapat oleh followers Anda.

3. Fokus Kepada Konten

Konten adalah raja, sebagus apapun startup Anda tetapi isi dari sosial media Anda buruk, tentu itu menjadi catatan. Kita bisa melihat bagaimana akun sosial media perusahaan yang sudah besar, selalu isinya menarik. Tentang informasi, iklan-iklan yang kreatif sampa promo-promo. Ini juga yang harus Anda lakukan, berikan selalu konten-konten yang berguna, dan ajak para followers berinteraksi.

4. SEO ? Search Engine Optimization

Banyak startup yang berpikir dengan membuat website yang keren maka visitor akan datang dengan sendirinya. Ini adalah pemikiran yang salah besar. Begitu banyak website sejenis dengan website kita di area yang sama dan mereka juga membuat website yang tidak kalah bagusnya.

Tantangannya adalah bagaimana cara membuat website kita berada di urutan teratas ketika visitor atau calon customer mencari tentang kita. Di sini peran SEO atau search engine optimization penting bagi strategi digital marketing kita.

SEO bukan hanya meningkatkan traffic ke website kita tetapi juga membangun kepercayaan dari user ke kita. SEO sendiri merupakan proses, dimana bergantung banyak kepada konten yang kita isi di web kita. Tentunya yang berhubungan dengan area startup kita itu.

5. Komunitas atau Jaringan

Komunitas atau jaringan yang memiliki keterkaitan dengan produk atau layanan startup Anda adalah salah satu kunci sukses digital marketing. Jaringan yang kuat akan memantapkan nilai bisnis Anda dan akan berpengaruh langsung pada omzet usaha Anda.

Menjalin hubungan baik dengan komunitas adalah kuncinya, lakukan interaksi dengan komunitas tersebut di dunia digital, bangun keakraban dan interaksi yang intim di media sosial.

Semakin banyak yang melihat keterikatan startup Anda dengan para komunitas yang masih satu jalur dengan Anda, akan membuat semakin banyak orang tertarik akan produk atau layanan startup Anda.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.